Warga Kota Tasikmalaya Positif Covid-19 Bertambah jadi 5 Orang

Warga Kota Tasikmalaya Positif Covid-19 Bertambah jadi 5 Orang
PERISTIWA | 29 Maret 2020 00:33 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangkat mengatakan bahwa telah terjadi penambahan empat kasus pasien baru yang positiv Covid-19 di Kota Tasikmalaya sampai Sabtu (28/3). Diketahuinya mereka positif setelah menjalani rapid diagnostic test (RDT). Dengan bertambahnya jumlah tersebut, maka pasien yang positif corona di Kota Tasikmalaya menjadi lima orang.

"Di Kota Tasikmalaya saat ini kasus positif ada lima orang. Satu lewat tes swab, empat lewat RDT," kata Uus, Sabtu (28/3).

RDT sendiri, dijelaskan Uus, merupakan salah satu metode untuk mendeteksi keberadaan visruc corona menggunakan sampel darah manusia dan hasilnya lebih cepat dibanding metode swab. Jika hasil RDT menyatakan bahwa yang melakukan test positif, maka dipastikan pasien tersebut positif corona.

"Kalau RDT negatif perlu diulang untuk empat hari kemudian untuk memastikannya," jelasnya.

Uus mengungkapkan bahwa empat pasien baru yang terkonfirmasi positif corona merupakan bagian dari kluster Lembang. Sedangkan 12 orang perwakilan HIPMI Kota Tasikmalaya yang mengikuti RDT pada Jumat (27/3)telah dinyatakan negatif, namun tetap harus melakukan swakarantinan selama 14 hari.

Ia menambahkan, hingga saat ini di Kota Tasikmalaya untuk jumlah pasien dalam pengawasan mengalami penurunan dari 13 orang menjadi 11 orang. Penurunan jumlah itu sendiri karena dua orang naik status menjadi positif.

Dari 11 orang pasien dalam pengawasan, lanjutnya, enam orang hingga saat ini masih dalam pengawasan, empat orang selesai pengawasan, dan satu orang meninggal dunia.

"Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) bertambah menjadi 272 kasus. Sebanyak 38 orang selesai pemantauan dan sisanya masih dalam pemantauan. Kita masih traking beberapa orang yang kontak dentan pasien positif," tutupnya. (mdk/ded)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami