Warga Masuk Bangka Belitung Wajib Tes Covid-19

Warga Masuk Bangka Belitung Wajib Tes Covid-19
Ilustrasi swab test atau tes usap COVID-19. ©2020 Merdeka.com/usar.army.mil
PERISTIWA | 16 Mei 2021 13:01 Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mewajibkan warga dari luar daerah yang memasuki wilayahnya kembali menjalani tes Covid-19 dalam upaya menekan risiko penularan virus corona.

"Sekalipun mereka sudah mendapat surat pemeriksaan dari tempat asal dan sudah (menjalani pemeriksaan) swab antigen atau PCR atau GeNose, sampai di Babel akan dilaksanakan pemeriksaan ulang dengan Genose," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, dilansir Antara, Minggu (16/5).

Berdasarkan kesepakatan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ia menjelaskan, warga dari luar daerah yang hendak masuk ke wilayah Bangka Belitung harus menjalani pemeriksaan ulang di pelabuhan dan bandara.

"Kami sudah menambah alat GeNose ini di bandara, pelabuhan, untuk mengoptimalkan pemeriksaan kesehatan pada masyarakat," katanya.

"Segera kami kirim surat ke bandara dan pelabuhan untuk segera memberlakukan tes ulang Covid-19 ini agar para pemudik ini betul betul bebas dari virus corona ini," ia menambahkan.

Apabila hasil pemeriksaan ulang menunjukkan pendatang terindikasi tertular virus corona, ia melanjutkan, maka yang bersangkutan harus menjalani karantina sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (mdk/eko)

Baca juga:
Usai Libur Lebaran, Warga Masuk Wilayah Depok Bakal Diperiksa Antigen
Cegah Penularan Virus, Warga Tangsel Minta Pendatang Tes Swab Antigen
17 Kelurahan di Palangka Raya Zona Hijau Covid-19
Data Terbaru Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Kemayoran per 16 Mei 2021
Penularan Meningkat, Kapasitas Ruang Rawat Pasien Covid-19 di Batam Kian Terbatas
Update Kasus Positif Covid-19 di Indonesia per 15 Mei 2021

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami