Warga Palembang Temukan Bayi Laki-laki di Tempat Buang Sampah Liar

Warga Palembang Temukan Bayi Laki-laki di Tempat Buang Sampah Liar
PERISTIWA » MALANG | 26 Oktober 2020 05:01 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Warga Jalan Irigasi, Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Alang-alang Lebar, Palembang, heboh dengan penemuan bayi laki-laki di tempat pembuangan sampah liar. Bayi malang itu kini dirawat di rumah sakit dan polisi melakukan penyelidikan untuk mengungkap pembuang atau orangtuanya.

Bayi tersebut pertama kali ditemukan warga setempat, Meri (25) saat melintas di TKP, Minggu (25/10). Dia kaget mendengar tangisan bayi yang cukup dekat dengannya.

Meri pun mencari sumber suara dan menemukan bayi itu di tempat pembuangan sampah liar, tepatnya di bawah pohon yang ditutupi jaket hitam. Kondisinya masih hidup dan berlumuran darah, serta tali pusar masih melekat.

Saksi pun membawa bayi itu ke rumah ketua RT setempat dan selanjutnya dibawa ke rumah bidan untuk perawatan. Setelah polisi datang, bayi tersebut dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Waktu ditimbang di rumah bidan, berat bayi 2,5 kilo dan panjang 45 centimeter. Kami sudah serahkan ke pihak kepolisian," ujar ketua RT setempat Santo Joni.

Kapolsek Sukarami AKP Satria Dwi Darma mengungkapkan, pihaknya sudah menyisir lokasi dan mengambil keterangan saksi untuk mengungkap orang tua dan juga orang yang membuangnya. Diduga, bayi itu baru dilahirkan dan langsung dibuang ke TKP.

"Warga menemukan bayi laki-laki di tempat pembuangan sampah liar. Alhamdulillah kondisinya sehat," ungkap Dwi.

Selain penyelidikan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk proses adopsi jika ada warga yang berminat. Warga bisa datang ke RS untuk melihat lebih dekat kondisi bayi dan harus melewati prosedur jika ingin mengadopsinya.

"Kita minta bayi itu dirawat dulu karena baru ditemukan, tapi tetap koordinasi dengan Dinas Sosial," ujarnya. (mdk/did)

Baca juga:
Mayat Bayi dengan Tali Pusar Terpisah Ditemukan Warga di Area Jogging Track
Pria Ini Berniat Jual Bayinya Seharga Rp30 Juta, Alasannya Bikin Miris
Orok Bayi Ditemukan di Depan Hotel, Diduga Sempat Terlindas Mobil
Bayi Ditemukan di Kali Cipinang, Polisi Kejar Pelaku
Pemulung di Boyolali Temukan Bayi Dibuang di Bawah Gorong-Gorong
Aksi Heroik Anggota Polri, Temukan Bayi Hampir Tewas Dibuang Langsung Ingin Adopsi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami