Warga Purbalingga Jadi Relawan Produksi Masker Gratis

Warga Purbalingga Jadi Relawan Produksi Masker Gratis
PERISTIWA | 3 April 2020 16:25 Reporter : Abdul Aziz

Merdeka.com - Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Purbalingga jadi tempat para relawan memproduksi masker dan alat pelindung diri (APD). Para relawan dari Lintas Komunitas dan eks peserta pelatihan menjahit yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja (Disnasker) Kabupaten Purbalingga.

Salah satu relawan dari Lintas Komunitas, Yuti Faizal yang turut memproduksi masker mengatakan, dia tergerak jadi relawan untuk membantu sesama. Yuti bertugas melipat kain masker dengan setrika.

"Dalam setengah hari, sedikitnya 250 lembar kain bahan masker saya buat lipatan dengan setrika panas," kata Yuti kepada wartawan, Jumat (3/4).

Sementara Ida Fiarni asal Majasem yang merupakan eks peserta pelatihan menjahit sengaja diundang untuk memproduksi masker. Ida bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam.

"Tidak ada paksaan, saya kerja sampai malam ini hanya karena untuk memenuhi permintaan masyarakat akan masker. Kasihan, banyak masyarakat yang membutuhkan masker, tapi sulit didapat di pasaran," ungkapnya.

Kepala Balai Latihan Kerja Purbalingga, Hasan Nurudin menjelaskan, kegiatan pembuatan masker merupakan instruksi dari Menteri Tenaga Kerja agar BLK dijadikan tempat memproduksi masker dan APD. "Pertama kami mendapatkan instruksi dari Menteri Tenaga Kerja untuk seluruh pelatihan harus berhenti atau off. Dan seluruh peserta pelatihan menjahit kita manfaatkan untuk menjahit masker," paparnya.

Masker produksi relawan ini dibagikan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Semua desa dapat mengajukan permintaan masker dengan memberikan surat ke BLK.

"Maskernya gratis, silakan pihak desa yang membutuhkan segera bersurat ke kami. Prosedur ini sengaja diterapkan untuk menghindari jangan sampai masker ini diberikan gratis dari pemerintah, tapi malah dijual," katanya.

Setiap hari para relawan di BLK Purbalingga ini mampu memproduksi minimal 1.000 lembar masker. Di samping dikerjakan di BLK, sebagian masker juga dikerjakan oleh eks peserta pelatihan menjahit di rumah masing-masing. (mdk/cob)

Baca juga:
Cegah Penyebaran Covid-19, DLH DKI Terapkan Protokol Pengelolaan Masker Bekas
Persaingan Tingkat Dunia di Balik Penjualan Masker & APD untuk Hadapi Pandemi Corona
Berikut Koperasi yang Bisa Dihubungi Saat Mencari Masker dan Hand Sanitizer
Desainer Asal Jerman Rancang Masker Khusus Pengantin
Kelangkaan Masker Imbas Panic Buying di Tengah Masyarakat
Cerita Ibu-Ibu di Kalbar Bikin Masker dan Bagikan ke Petugas
Dokter Tirta Sebut Masker Kain Bisa Tangkal Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami