Warga Serpong Keluhkan Bau Sampah TPA Cipeucang: BSD Rasa Bantar Gebang

Warga Serpong Keluhkan Bau Sampah TPA Cipeucang: BSD Rasa Bantar Gebang
PERISTIWA | 2 Juni 2020 10:26 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Tumpahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Serpong, Tangerang Selatan tidak saja mencemari kondisi air di Kali Cisadane, Tapi juga ruang udara di kawasan sekitar.

Seperti diunggah Dewi Lestari dalam akun twitter @deelestari, yang merasakan langsung, aroma tak sedap sampah yang dihasilkan di TPA Cipuecang dari jendela rumahnya.

"Bencana sampah di TPA Cipeucang. Hari ini BSD rasa Bantar Gebang. Buka jendela langsung mabok. I can't even begin to imagine how the river's is now," tulis Dee Lestari dalam akun twitterny sambil mengunggah foto kondisi TPA Cipeucang, Selasa (2/6).

Cuitannya itu, juga langsung mendapat respons dari sejumlah pengikut diakunnya tersebut, dengan jumlah 485 like, 292 mencuit ulang dan 55 komentar.

1 dari 1 halaman

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Yepi Suherman mengakui adanya peningkatan aroma tak sedap dari TPA Cipeucang dalam beberapa hari ini.

Mencuatnya aroma busuk dari TPA Cipeucang ini akibat proses penyemprotan cairan pengurai sampah dan bau sampah yang dilakukan pihak ke tiga.

"Memang benar, itu dari proses penyemprotan cairan penghilang bau dan pengurai sampah. Karena itu bukan cairan kimia, itu dari mikrobiologi yang bisa mengurai sampah organik," kata Yepi.

Dia juga mengaku telah banyak menerima aduan masyarakat terkait bau menyengat dari aroma busuk yang disebabkan penyemprotan cairan pengurai sampah tersebut.

"Hasilnya sudah kelihatan sebenarnya untuk sampah-sampah organik. Dan yang di kali Cisadane juga dia akan bercampur sehingga tidak mencemari. Tapi cairan itu sendiri bau masam, makanya kita minta ke pihak ke tiga untuk diganti aromanya, atau dipadukan dengan cairan penghilang bau punya kami," ucap Yepi.

Sebelumnya diberitakan, sampah di TPA Cipeucang longsor dan hampir menutupi seluruh badan Kali Cisadane. Longsorang sampah dari TPA itu, disebabkan patahan sheetpile dinding penahan sampah yang memagari area TPA. (mdk/ray)

Baca juga:
Sampah Menumpuk di Jalanan Kawasan Cibinong
Pakai Aplikasi ini, Masyarakat Bisa Hasilkan Uang Dari Sampah Rumahnya
20 Meter Sampah Dievakuasi dari Badan Kali Cisadane usai Longsor
TPA Sampah Cipeucang Longsor ke Sungai Cisadane
Longsoran Gunung Sampah di TPA Cipeucang Tangsel Nyaris Menutup Kali Cisadane

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5