Warga Tak Bermasker di Purbalingga Dihukum Kerja Sosial

Warga Tak Bermasker di Purbalingga Dihukum Kerja Sosial
PERISTIWA » MAKASSAR | 11 Juli 2020 10:43 Reporter : Abdul Aziz

Merdeka.com - Warga di Kabupaten Purbalingga yang kedapatan tak bermasker saat beraktifitas di luar rumah dikenakan sanksi kerja sosial. Mereka dikenai sanksi membersihkan lingkungan kantor kecamatan dan sekitarnya.

"Kita lebih kepada aspek pembinaan, kita ingatkan kemudian kita minta untuk sedikit kerja sosial yaitu dengan kerja bakti di lingkungan kantor kecamatan," kata Kepala Satpol PP Purbalingga, Suroto.

Ia menjelaskan operasi wajib masker ini dilakukan dalam rangka mengupayakan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan covid-19 seperti wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Operasi wajib masker akan dilaksanakan di 18 kecamatan yang ada di Purbalingga.

"Kami melakukan operasi wajib masker secara terjadwal kurang lebih 18 hari. Sudah kita mulai pada Senin (6/7)," ujar Suroto.

Dari hasil operasi wajib masker yang dilakukan di Kecamatan Karangjambu dan Rembang didapati kurang lebih 30 orang yang tidak menggunakan masker. Operasi wajib masker dilakukan di titik-titik keramaian selama satu jam.

"Satu jam saja kita bisa mengumpulkan orang sebanyak itu artinya memang di dalam masyarakat seolah-olah menganggap new normal itu kondisinya sama seperti sebelum adanya covid-19 padahal bukan itu tetapi bagaimana kita melakukan kebiasaan baru," ungkap Suroto. (mdk/bal)

Baca juga:
Mendagri Ajak Kepala Daerah Buat Gerakan Membagikan Masker secara Masif
Lusa, Warga Makassar yang Tak Gunakan Masker akan Dikenakan Sanksi Sosial
Spanduk Forkopimda Depok Viral Gara-Gara Ada Masker Melenceng
Startup Ini Produksi Masker Transparan dengan Kemampuan Filtering 99 Persen
Intip Penampilan Istri KSAD Pakai Masker Super Canggih, Capai Rp22 Juta
Tak Pakai Masker, 73 Warga Padang Dihukum Menyapu Fasilitas Umum

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami