Warga Tegal-Pekalongan-Demak Waspada Gelombang Rob, Tingginya Bisa Capai 1 Meter

Warga Tegal-Pekalongan-Demak Waspada Gelombang Rob, Tingginya Bisa Capai 1 Meter
PERISTIWA | 2 Juni 2020 20:20 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Masyarakat yang berada di tiga pesisir Pantura Jawa Tengah diminta untuk waspada munculnya gelombang pasang atau rob dalam sepekan terakhir mencapai puncak ketinggiannya. Berdasarkan informasi Stasiun Metrologi Maritim Tanjung Emas Semarang, ketinggian rob antara 1,0-1,1 meter.

Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Metrologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Slamet Wiyono mengatakan naiknya gelombang air rob dipicu curah hujan yang lebat selama beberapa hari terakhir. Serta naiknya tinggi muka air laut ke daratan yang cukup signifikan.

"Jadi rob berlangsung dua hari yakni hari ini sampai besok di kota Tegal, Pekalongan, dan Demak. Biasanya rob akan muncul pada pukul 14.00 sampai 17.00," kata Slamet Wiyono di Semarang, Selasa (2/6).

Ketinggian rob di daerah itu bakal muncul bervariasi. Sesuai tinggi muka daratan di tiap wilayah. Pihaknya telah mengeluarkan peringatan kewaspadaan tinggi terhadap kemunculan air rob selama dua hari. Beberapa rumah di lokasi langganan banjir akan terendam banjir.

"Kalau ada penanganan serius pasti banjir bisa diantisipasi. Itu tergantung upaya yang dilakukan di setiap daerah," ujarnya.

Gelombang tinggi juga melanda perairan Laut Jawa dan Pantai Selatan. Bagi nelayan berperahu kecil diminta untuk tidak mencari ikan di tengah laut hingga sampai cuaca mereda.

"Untuk gelombang tinggi, kita harapkan diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran terutama untuk perahu nelayan dan kapal tongkang," ungkapnya. (mdk/noe)

Baca juga:
Banjir di Jalan Margonda Depok Akibat Sampah Menyumbat Saluran Air
Saluran Air Tersumbat, Sebagian Ruas Jalan Margonda Tergenang
Hujan Deras, Sejumlah Kawasan di Kota Probolinggo Terendam Banjir
Banjir Rob Terjang Rumah Warga di Tasikmalaya dan Pangandaran
Gelombang Tinggi Sebabkan Banjir Rob di Pesisir Selatan Bali
Banjir Samarinda Telan Korban Jiwa Tiga Orang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5