Warga temukan buaya mati di kawasan Roxy Jakarta Barat

PERISTIWA | 1 Juli 2018 01:24 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Petugas yang masih terus mengamati keberadaan buaya di Kali Grogol, Jakarta Barat dikejutkan temuan lain. Mereka menerima buaya dalam kondisi mati yang ditemukan warga di kawasan Roxi Jakarta.

Kepala Seksi Wilayah 2 Balai Konservasi Sumber Daya Alam ‎(BKSDA) DKI Jakarta, Bambang Yudi menyampaikan, buaya tersebut berukuran satu meter. Predator berdarah dingin itu diserahkan oleh tiga orang yang mengaku relawan pemburu buaya.

"Informasinya, kan (buaya itu) didapat dari di daerah Roxy," tutur Bambang saat dikonfirmasi, Sabtu (30/6).

Menurut Bambang, buaya yang dalam kondisi mati itu bukanlah yang sebelumnya nampak di Kali Grogol. Terlebih, temuannya pun terbilang cukup jauh dari kawasan tersebut.

"Beda aliran dengan Kali Grogol," jelas Bambang.

Maraknya buaya yang muncul di sejumlah kawasan di Jakarta membuat Pemprov DKI ikut turun tangan. Sekitar empat ribu petugas pasukan oranye UPK Badan Air diturunkan untuk mencari predator yang berkeliaran itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Isnawa Adji menyampaikan, tidak hanya buaya. Hewan lain seperti ular atau pun biawak yang membahayakan manusia juga akan ditangani untuk dibiarkan hidup jauh dari lingkungan aktivitas warga.

"Intinya kami kan punya 4150 pasukan oranye di kali, sungai, waduk, dan danau ya kan. Selain kami himbau untuk hati-hati karena mereka sering ketemu ular, biawak. Ular kan paling banyak di semak-semak," kata Isnawa. (mdk/bal)

Baca juga:
Jaring diangkat, pencarian buaya Grogol dihentikan sementara
Anies imbau warga tak sebar kabar hoaks soal buaya di perairan DKI
4.150 Pasukan oranye dan Damkar dikerahkan cari buaya perairan DKI
Antusiasme warga tonton pencarian buaya di Kali Grogol
Sempat tertangkap, buaya di Kali Grogol lepas lagi
3 Ekor buaya berada di Kali Grogol sejak seminggu lalu

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.