Warga Yogyakarta berkumpul di Alun-alun Utara lihat gerhana bulan

Warga Yogyakarta berkumpul di Alun-alun Utara lihat gerhana bulan
PERISTIWA » MAKASSAR | 31 Januari 2018 21:25 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Fenomena gerhana bulan super blue blood moon yang terjadi pada Rabu (31/1) malam, menarik perhatian warga Yogyakarta. Ratusan warga Yogyakarta pun berkumpul di Alun-alun Utara untuk menonton fenomena langka tersebut.

Untuk melihat fenomena gerhana bulan tersebut, komunitas Jogja Astro Club (JAC) menyediakan empat buat teropong dan tiga binocular serta sebuah alat bernama moonphase. Alat-alat tersebut bisa digunakan masyarakat untuk melihat fenomena gerhana bulan.

Ketua JAC, Agung Laksana menyampaikan pihaknya sengaja menyediakan teropong agar masyarakat Yogyakarta bisa mengamati fenomena langka tersebut. Harapannya, kata Agung, masyarakat bisa teredukasi atas fenomena alam yang terjadi.

"Kami ingin mengedukasi masyarakat. Sehingga dengan alat yang kami punya masyarakat bisa menikmati fenomena gerhana bulan. Hanya saja saat ini langit di Yogyakarta mendung sehingga tak bisa melihat langsung fenomena tersebut," ujar Agung di Alun-alun Utara, Rabu (31/1).

Rahmadi Susanto, seorang mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengaku sengaja datang ke Alun-alun Utara untuk melihat fenomena gerhana bulan Super Blue Blood Moon. Rahmadi sengaja datang ke Alun-alun karena ada komunitas JAC yang menyediakan teropong untuk melihat fenomena tersebut.

"Tahu dari medsos kalau ada acara melihat gerhana bulan. Terus sengaja datang ke Alun-alun Utara," ungkap Rahmadi.

Senada dengan Rahmadi, Vira Sasmitawaty warga Demangan, Kota Yogyakarta sengaja menonton gerhana bulan di Alun-alun Utara. Vira beralasan datang ke Alun-alun Utara karena berharap bisa melihat fenomena tersebut.

"Kalau dari rumah enggak kelihatan karena ketutupan bangunan. Kalau dari Alun-alun kan bisa lihat karena pandangannya enggak terganggu bangunan. Sayangnya mendung jadi enggak bisa lihat gerhananya secara langsung," tutup Vira. (mdk/bal)

Baca juga:
Mendung, warga Yogyakarta gunakan aplikasi untuk lihat gerhana bulan
Berkumpul di Pantai Losari, warga Makassar antusias lihat gerhana bulan
Antusiasme warga di sejumlah daerah Tanah Air saat penampakan gerhana bulan
Cuaca berawan, peneliti Bosscha gagal amati supermoon
Penampakan fenomena gerhana bulan terlangka di langit Jakarta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami