Wartawati di Palembang Terpapar Covid-19, Total di Sumsel Capai 915 Kasus

Wartawati di Palembang Terpapar Covid-19, Total di Sumsel Capai 915 Kasus
PERISTIWA | 28 Mei 2020 03:34 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Seorang wartawati di Palembang berinisial ER dinyatakan positif terpapar Covid-19. Yang bersangkutan kini menjalani isolasi di Wisma Atlet Jakabaring karena termasuk orang tanpa gejala (OTG).

ER disinyalir tertular dari ibunya yang mengalami stroke dan dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang. Ibunya positif Corona dari hasil swab sehari setelah menjalani perawatan.

ER, suami dan anaknya turut dilakukan uji swab dan hasilnya hanya ER yang positif. Hanya saja, waktu pengambilan sampel dengan hasil pemeriksaan terbilang cukup lama, uji swab pada 14 Mei dan hasilnya baru keluar 26 Mei 2020.

ER mengaku tak menyangka ibunya terpapar virus itu. Sebab sejak menderita stroke dua tahun lalu, ibunya jarang keluar rumah dan dimungkinkan tertular dari orang lain yang bertamu ke rumahnya.

"Alhamdulillah saya sehat-sehat saja, doakan saya segera sembuh," kata ER kepada merdeka.com melalui pesan singkat, Rabu (27/5).

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel Yusri mengatakan, pelacakan kepada orang-orang yang kontak dengan pasien positif harus dilakukan segera. Tracing utamanya terhadap orang dengan kriteria sempat berbicara jarak kurang satu meter tanpa masker, satu kendaraan, dan satu ruangan.

"Kita lakukan pendalaman informasi dari yang bersangkutan untuk tracing. Teman-teman yang tidak masuk kriteria itu tidak perlu khawatir," kata dia.

Terkait perkembangan kasus Covid-19 hari ini, Yusri menyebut terjadi penambahan 47 orang sehingga kini menjadi 915 kasus. Jumlah penambahan hari ini berbeda dengan data pusat yang berjumlah 53 orang atau selisih enam kasus karena masih dikroscek kembali.

"Sudah kita sampaikan perbedaan ini ke pusat dan pusat menyetujui kami merilis data daerah," kata dia.

Pasien positif baru itu terdiri dari 22 asal Palembang, Banyuasin 11 orang, Lubuklinggau 11 orang, Ogan Komering Ilir 2 orang, dan Muara Enim 1 orang. Sementara pasien sembuh tidak ada penambahan atau masih berjumlah 117 orang begitu juga dengan kasus meninggal tetap 28 orang.

"Sampel yang masih menunggu pemeriksaan di BBLK Palembang ada 1.979," katanya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Kontak dengan Orang Bangladesh, 3 Warga Banten Positif Corona
Balita di Samarinda Positif Covid-19 usai Terpapar dari Ayah dan Ibunya
Operator Bandara Ingatkan Penumpang Tujuan Jakarta Wajib Kantongi SIKM
New Normal, Menag Sebut Tahap Awal Masjid Dibuka Hanya untuk Salat
Pemerintah Kaji Naikkan Tarif Angkutan Umum Selama Masa Kenormalan Baru
Pasien Covid-19 Sembuh di Bali Bertambah 7, Total 302 Orang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5