Waspada Akun FB Atas Nama Wali Kota Airin Rachmi Diany

Waspada Akun FB Atas Nama Wali Kota Airin Rachmi Diany
Akun FB Mengatasnamakan Wali Kota Airin untuk Menipu. ©2020 Merdeka.com/Kirom
PERISTIWA | 28 Oktober 2020 13:19 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Awas akun palsu media sosial facebook (FB) mengatasnamakan wali kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. Akun tersebut, diduga melakukan penipuan online dengan menyasar pemilik akun lain yang menjalin pertemanan di media sosial tersebut.

Dinas Komunikasi dan Informatika Tangerang Selatan, secara tegas membantah kepemilikan akun media sosial FB atas nama Airin Rachmi Diany itu. Dengan tegas, Diskominfo Tangsel, menyebutkan bahwa akun tersebut palsu.

"Terkait dengan munculnya akun Facebook atas nama wali kota Tangsel, Airin Rachmi Diany yang digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi penipuan. Bahwa akun Facebook tersebut palsu. Dikarenakan Wali kota Tangsel tidak memiliki akun resmi di Facebook," jelas Kepala Dinas Kominfo Tangsel, Fuad dikonfirmasi Rabu (28/10).

Fuad menerangkan, akun Facebook yang menggunakan foto Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany dengan jilbab warna coklat baju warna putih merupakan akun fake pada facebook dan tidak perlu direspons. Bahkan Kominfo Tangsel melaporkan akun tersebut ke pihak berwajib.

"Kita laporkan ke Kepolisian atas akun palsu tersebut, bagi masyarakat kota Tangsel, mohon untuk tidak add friend dan menanggapi akun facebook palsu tersebut," jelas dia.

Dia meminta kepada semua pihak, untuk tidak merespons semua percakapan atau permintaan yang mengatasnamakan ibu Walikota lewat akun facebook palsu tersebut.

"Dimohon untuk tidak merespons semua percakapan atau permintaan mengatasnamakan ibu Walikota via facebook," terang dia.

Zul Fahor, yang mengaku hampir menjadi korban dari modus yang dilancarkan akun FB diduga palsu tersebut. Mengaku sempat menaruh curiga dengan akun tersebut.

Lantaran, akun FB atas nama dan foto sang wali kota Tangsel, yang dikenal dingin itu, menyapa dirinya setelah menjalin pertemanan di media sosial.

"Saya kira itu akun FB pribadi Bu Airin. Jadi saya tambahkan ke pertemanan, tapi tiba-tiba beliau menyapa saya menanyakan kabar dan perkembangan Covid-19 saat ini melalui messanger di Facebook," jelas Fakhor

Dari percakapan lewat messanger FB itu, kemudian akun atas nama Airin Rachmi Diany meminta nomor telepon pribadi calon korban dan menyatakan akan melakukan komunikasi lebih jauh melalui media sosial whatsapp.

"Dari percakapan itu saya diminta nomor telepon whatsapp. Ini sudah mencurigakan, tapi saya coba ikuti. Karena ada permintaan kode whatsapp saya, yang ternyata akun itu berusaha me-hack whatsapp saya akhirnya saya tidak lanjutkan," kata dia.

Dia meyakini, bahwa akun tersebut berniat jahat dengan akun facebook miliknya atau terhadap akun whatsapp pribadinya.

"Yang pasti akun FB atas nama Airin Rachmi itu, berniat sesuatu. Karena berusaha masuk ke Whatsapp saya," ungkap Fahor. (mdk/rhm)

Baca juga:
Gojek Shield, Inovasi Teknologi Gojek untuk Pengguna dan Mitra dari Kejahatan Siber
Ditipu Pembeli Pakai Uang Mainan, Kisah Kakek Penjual Gado-Gado Ini Bikin Miris
Tipu 4 Kades di Donggala Senilai Rp62 Juta, 2 Warga Sidrap Ditangkap Polisi
Nama Bupati Kulon Progo Dicatut untuk Penipuan
Tergiur Orderan 1.000 Porsi, Tukang Bubur Kehilangan Motor Usai Ditipu Pelanggan
Menyamar Jadi Polisi Gadungan, Seorang Pria Nekat Lakukan Ini di Rumah Pacar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami