Waspada Perusuh, Polisi Ingatkan Mahasiswa Unjuk Rasa Tak Sampai Malam

PERISTIWA | 24 September 2019 14:40 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Aksi demonstrasi mahasiswa dari universitas di seluruh Indonesia digelar serentak hari ini, Selasa (24/9). Mereka menolak pengesahan RUU KUHP dan revisi UU KPK yang telah disahkan oleh DPR.

Pihak kepolisian pun mengimbau mahasiswa agar waspada saat berunjuk rasa. Terlebih, aksi mahasiswa berakhir ricuh di Bandung, Jawa Barat, pada Senin 23 September 2019 malam.

"Semakin malam potensi disusupi perusuh itu semakin besar," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Kemarin, lanjut Dedi, bentrok yang terjadi saat unjuk rasa mahasiswa di Bandung disusupi oleh kelompok Anarko.

"Saya baru dapatkan informasi dari Kabid Humas Polda Jabar, pasti akan disusupi. Apalagi sudah malam hari, kita sudah dapat informasi Anarko masuk lagi di situ, yang memprovokasi terjadinya bentrokan," jelas dia.

Di Jakarta sendiri, kepolisian Polda Metro Jaya bersama TNI telah bersiaga melakukan pengamanan gedung MPR DPR. Mengingat, sebelumnya mahasiswa juga berunjuk rasa hingga malam dan sempat merusak pagar.

"Kepada seluruh peserta demo, para koordinator lapangan, anda harus betul-betul mengenali teman-teman anda. Anda juga harus membrief teman-teman anda, silakan menyampaikan aspirasi anda, baik di gedung DPR maupun di tempat lain dengan cara-cara damai. Dan sangat diwaspadai, mereka juga harus waspadai penyusup-penyusup yang masuk ke dalam kelompok mereka," kata Dedi.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Ada Demo depan Gedung DPR, Ini Pengalihan Rute Transjakarta
VIDEO: Ricuh Demo Mahasiswa di Depan Gedung DPRD Sulsel
VIDEO: Mahasiswa Hingga Buruh Long March ke Gedung DPR
Ketua Panja RUU KUHP Curiga kenapa Mahasiswa Demo Penolakan
Usai Demo di Gedung DPRD Bali, Mahasiswa Bergeser ke Kantor Gubernur
Update Terkini Aksi Demo Mahasiswa di Berbagai Daerah

(mdk/bal)