Website Pengadilan Agama Sleman Jadi Sasaran Peretasan

Website Pengadilan Agama Sleman Jadi Sasaran Peretasan
PERISTIWA | 14 Januari 2020 04:32 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Website resmi Pengadilan Agama Kabupaten Sleman menjadi sasaran peretasan oleh orang tak dikenal. Akibat peretasan ini, laman pa-slemankab.go.id sempat tak bisa diakses.

Admin IT Pengadilan Agama Kabupaten Sleman, Priyo Purnomo membenarkan perihal peretasan laman resmi lembaganya. Peretasan itu terjadi pada Minggu (12/1) sore.

Saat diretas, tampilan laman Pengadilan Agama Kabupaten Sleman ini berubah latar belakang menjadi berwarna hitam. Kemudian muncul tulisan berwarna hijau dan putih.

"Aku vs Wong Tuamu,"

Hacked by XGXS

Senadyan tresno aku mung iso meneng. Penting koe seneng opo wae tak lakoni. Uwis kadung gejeron deleh ati kleru panggon

Urip ilang semangat, seng tak tresno jebul waton. Raiso mbedakke ndi seng tulus.Wes entek sak kabehe bul atiku ra diurus

Aku ora getun, yen due ati seng ringkih. Nanging aku iso nandur roso tanpo pamprih. Opo koe sadar? Atiku keliwat jembar. Radadi jodomu, aku mung iso sabar

Ambyar. Salam nggo bapak ibumu"

1 dari 1 halaman

Priyo menjelaskan jika peretasan ini sudah bisa diatasi pada Senin (13/1) sekitar pukul 11.19 WIB. Usai diperbaiki, laman Pengadilan Agama Kabupaten Sleman ini pun sudah kembali bisa diakses secara normal.

"Sudah diperbaiki. Untuk data tidak ada masalah. Hackernya tidak masuk ke dalam data-data," ujar Priyo saat dihubungi, Senin (13/1).

"Itu hacker hanya mengubah address indeksnya saja. Jadi hacker mengalihkan indeks website kita ke indeks halaman," papar Priyo.

Priyo menambahkan untuk mengantisipasi peretasan kembali lama Pengadilan Agama Kabupaten Sleman pihaknya akan mengetatkan pengamanan. Priyo berharap peristiwa serupa tak lagi terjadi di kemudian hari.

"Rencananya kami akan pakai (jasa) layanan keamanan. Cyber Security," tutur Priyo. (mdk/ray)

Baca juga:
2 Peretas Situs PN JakPus Ditangkap, Mengaku Simpati dengan Kasus Lutfi Alfiandi
Sulitnya Hadapi Tantangan Keamanan Data Biometrik
267 Juta Data Pengguna Facebook Terekspos, Rentan Disalahgunakan
Lagi-Lagi Ditemukan Bug WhatsApp, Hacker Bisa Manfaatkan Pesan Grup!
Tips Proteksi Smartphone Agar Makin Aman

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami