Wilayah Perbatasan Jakarta-Depok Masih Ditemukan Pemotor Tak Memakai Masker

Wilayah Perbatasan Jakarta-Depok Masih Ditemukan Pemotor Tak Memakai Masker
PERISTIWA | 10 April 2020 19:23 Reporter : Nur Fauziah

Merdeka.com - Wilayah perbatasan Jakarta mulai hari ini dijaga petugas. Hal itu dilakukan setelah Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Salah satu titik yang dijaga sebagai cek point adalah flyover Universitas Indonesia (UI). Titik ini menjadi akses masuk ke Jakarta dari Depok.

Kendaraan diperiksa untuk dilihat kapasitas penumpang. Serta pengendara tanpa menggunakan masker pun akan diberikan pemahaman. Pada hari pertama PSBB Jakarta, arus lalu lintas di cek point Flyover UI terlihat sepi.

"Sekarang ini kendaraan yang melintas cukup sepi, baik yang mengarah Jakarta maupun yang masuk ke Depok," kata Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Sutomo, Jumat (10/4).

Dari hasil cek hari ini, pihaknya masih menemukan pengendara yang tidak taat. Banyak dari mereka yang tidak menggunakan masker atau membawa penumpang tanpa memperhatikan jarak fisik.

"Masih ada saja pengendara yang tidak menggunakan masker. Karena itu ini kami telah siapkan masker, kita berikan pemahaman agar mereka sadar dan mau disiplin untuk turut serta memutus mata rantai penyebaran virus Corona," ucapnya.

Pengawasan yang dilakukan pihaknya ini bersifat imbauan dan tidak ada sanksi tilang. Sementara ini yang diberlakukan hanya peneguran dan imbauan saja.

"Kalau yang melanggar saat ini cukup imbauan, agar menggunakan masker. Bagi warga yang ke Jakarta yang enggak ada masker cukup dikasih masker," ujarnya.

Dia mengimbau agar para driver ojek online untuk tidak membawa penumpang saat ini. Pemantauan cek point juga dilakukan di sejumlah titik perbatasan lainnya, seperti di Jalan Raya Bogor, Jalan alternatif Cibubur dan Jalan Raya Parung perbatasan Tangerang.

"Untuk ojol (ojek online) usahakan jangan membawa angkutan orang dulu diusahakan buat ngangkut barang saja," pungkasnya. (mdk/gil)

Baca juga:
IDI: Banyak Tenaga Medis Terpaksa Memakai Masker Bedah karena Kekurangan Masker N95
Cegah Corona, Ini Bahan Masker Kain Terbaik yang Disarankan Pakar
Cegah Penyebaran Corona, Penumpang Kereta Api di Sumatera Wajib Gunakan Masker
Kasus Covid-19 Tambah 337, Masyarakat Diingatkan Disiplin Jaga Jarak dan Pakai Masker
Pemkab Sangihe Gunakan Balai Latihan Kerja untuk Produksi Masker
Imbauan Pakai Masker di Tengah Pandemi Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami