Wiranto: Benny Wenda Masuk Indonesia Kita Tangkap

PERISTIWA | 4 September 2019 15:06 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menko Polhukam Wiranto mengatakan, pemimpin Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda memprovokasi apa yang terjadi di Papua-Papua Barat. Dia menuturkan, tak mudah menangkap Benny karena mendapat suaka dari Inggris.

"Ini kan bagian dari satu yang nyata, yang kita hadapi. Bukan hanya Indonesia, negara-negara lain pun ada pihak-pihak tertentu yang selalu ngerecoki. Dan tatkala mereka sudah bukan warga negara Indonesia dan juga sudah ada perlindungan suaka dari negara-negara lain, prosesnya kan tidak sesederhana yang kita pikirkan," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Rabu (4/9).

Wiranto menegaskan, jika Benny Wenda berada di Indonesia, maka akan langsung ditangkap. "Masuk ke Indonesia saya tangkap atau kita tangkap. Kita proses," tegas Wiranto.

Namun, dengan kegiatan Benny yang berada di luar, tentu memerlukan langkah-langkah diplomasi. Serta mengikuti hukum-hukum internasional yang ada.

"Tapi tatkala kegiatannya di luar sana, tentunya ini butuh sesuatu kegiatan diplomasi. Ada hukum-hukum internasional yang kita harus lakukan," jelas Wiranto.

Dia pun, menegaskan pemerintah Indonesia, tidak diam. Terus melakukan langkah-langkah mengantisipasi kegiatan Benny Wenda.

"Tapi saya sudah sampaikan kegiatan kemarin itu provokasi-provokasi. Pada saat di dalam negeri ini, tetap menyampaikan realitas yang ada. Provokasinya enggak mempan. Namun, tentunya kita harus bersama-sama memberikan barrier, memberikan pertahanan yang kuat di kita sendiri. Supaya tidak terpengaruh provokasi itu," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Wiranto Tegaskan Tak Ada Jalan untuk Referendum Papua dan Papua Barat
Ini Peran Benny Wenda, Aktor Intelektual di Balik Kerusuhan Papua
Kapolri Ungkap Fakta-Fakta Penting Penyebab Kerusuhan Papua
Wiranto Sebut Benny Wenda Beri Informasi Palsu Terkait Papua ke Luar Negeri
Siapa Benny Wenda, Tokoh Papua Disebut Moeldoko Aktor di Balik Kerusuhan?

(mdk/did)