Wiranto: KKB Dapat Instruksi dari Benny Wenda untuk Menyerang Pendatang di Wamena

PERISTIWA » MAKASSAR | 4 Oktober 2019 18:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menko Polhukam Wiranto mengungkapkan peran tokoh separatis Papua Benny Wenda dalam kerusuhan di Wamena, Papua. Menurutnya, Benny menginstrusikan kelompok kriminal bersenjata (KKB) untuk menyerang warga pendatang di Wamena.

"Sudah nanti Kepolisian yang menjelaskan dan yang melakukan seperti ini. Tapi serangan ini kan dilakukan KKB mereka. Itu yang mereka itu kan dapat instruksi langsung dari Benny Wenda untuk menyerang warga pendatang dan melakukan kerusuhan di kota-kota," kata Wiranto di Kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (4/10).

Wiranto menuturkan, Benny terlibat menyebarkan provokasi untuk menimbulkan kegaduhan di Wamena melalui media sosial. Dia mengimbau masyarakat tidak mudah termakan provokasi dan ikut mendinginkan suasana.

"Kita mengharapkan agar masyarakat yang bergerak di medsos untuk mendinginkan suasana ini atau katakanlah bisa menghilangkan trauma ini," tandas dia.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan pemerintah menjamin keamanan warga di Wamena, Papua pasca-kerusuhan. Pemerintah terus berupaya memulihkan stabilitas keamanan di kawasan tersebut.

"Pasti lah jaminan keamanan sedang berjalan," ucap Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Moeldoko berharap upaya memulihkan stabilitas keamanan ini dapat mengurangi keinginan warga eksodus dari Wamena.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Baca juga:
Pemerintah Jamin Keamanan Warga di Wamena Papua
Wiranto: Banyak Masyarakat Trauma Karena Serangan OPM & KKB
Gelar Demo, Dewan Syariah Solo Desak Jokowi Serius Tangani Masalah Papua
Gelombang Pengungsi dari Wamena Terus Berdatangan ke Makassar
Veronica Koman Menolak Bungkam Kabarkan Soal Papua Meski Diancam Dibunuh

(mdk/ray)