Wiranto Pastikan Kondisi Papua dan Papua Barat Sudah Kondusif

PERISTIWA | 4 September 2019 16:36 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Menko Polhukam Wiranto mengaku telah menerima laporan situasi terkini di Papua, Papua Barat dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan juga Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Menurutnya, situasi di Papua dan Papua Barat dipastikan telah kondusif.

"Perkembangan di Papua dan Papua Barat sudah kondusif. Kemarin kondusif, sekarang tetap kondusif. Aktivitas sudah normal," kata Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (4/9).

Wiranto mengatakan, kondisi normal itu dipastikan terlihat dari pasar tradisional sudah mulai terjadi aktivitas jual beli. Sehingga roda ekonomi masyarakat sudah membaik.

"Pengiriman peti kemas, aliran listrik normal. BBM Jayapura, Manokwari normal walaupun antrean panjang tapi pasokan normal," ujar Wiranto.

Selain itu, Wiranto juga menyebutkan pelayanan publik khususnya di wilayah perkotaan sudah kembali berjalan. Transportasi umum, pelabuhan, bandara, dan terminal juga telah beroperasi seperti biasa. Kendati demikian, ia mengakui ada beberapa yang perlu dibersihkan dan diperbaiki.

"Hanya PDAM yang perlu perbaikan di beberapa lokasi lagi akibat kerusuhan kemarin. Pasca kerusuhan, pemerintah setempat bersama aparat sudah mulai membersihkan puing-puing bekas. Dana revitalisasi sudah disiapkan oleh pemerintah untuk memperbaiki fasilitas publik yang rusak," katanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, saat ini terus digerakkan koordinasi dengan berbagai tokoh-tokoh guna menjaga keamanan Papua.

"Saat ini tokoh-tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, terus melakukan koordinasi upaya-upaya pertemuan untuk terus memelihara keadaan damai ini," pungkas Wiranto. (mdk/gil)

Baca juga:
Jadi Tersangka, Ini Kalimat Provokatif Disebar Veronica Koman di Medsos
Wiranto: Peran Asing dalam Kerusuhan di Papua Bukan Dugaan, Sudah Ada Bukti
Alasan Wilayah, Kapolri Terjunkan Personel Polri Lebih Banyak di Jayapura
Wiranto Apresiasi Pangdam Cenderawasih Kini Diisi Putra Asli Papua
Wiranto: Benny Wenda Bukan Penjahat Perang, Tapi Penjahat Politik
Akses Internet Sejumlah Kabupaten di Papua Mulai Dipulihkan
Komisi HAM PBB Serukan Dialog untuk Isu Papua dan Pemblokiran Internet Dicabut

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.