Wiranto Tegaskan Tak Boleh Ada Upaya Penggagalan Pelantikan DPR dan Presiden

Wiranto Tegaskan Tak Boleh Ada Upaya Penggagalan Pelantikan DPR dan Presiden
PERISTIWA | 30 September 2019 12:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan tidak boleh ada penggagalan pelantikan anggota legislatif terpilih dan presiden-wakil presiden terpilih 2019. Menurut dia, hal itu sudah termaktib dalam konstitusi, sehingga bila ada pihak coba menggagalkan artinya melawan Undang-Undang.

"Saya menyoroti masalah pelantikan DPR RI dan pelantikan presiden dan wapres, pelantikan itu amanat konstitusi, sehingga tidak boleh ada seseorang, kelompok atau pihak mana pun yang mencoba menggagalkan itu karena penggagalan itu melawan konstitusi," jelas Wiranto di Kantor Kemenko Polhukan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (30/9).

Wiranto menegaskan pelantikan adalah puncak dari hasil Pemilu langsung yang diselenggarakan oleh rakyat dari rakyat dan untuk rakyat. Karenanya, hasil yang diperoleh melalui proses tersebut memiliki legitimasi yang kuat dan harus diselesaikan hingga tahap pelantikan.

"Pemilu ini dipilih rakyat apa pun prosesnya, puncaknya anggota DPR dan presiden sudah terpilih melalui pemilihan langsung, itu proses konstitusi," jelas dia.

Karenanya, Wiranto menyatakan siap melakukan langkah pengamanan maksimal agar pelantikan bisa berlangsung baik. Wiranto tidak ingin mempertaruhkan eksistensi negara terancam oleh gerakan radikal dan anarkisme yang inkonstitusional.

"Kita akan rapatkan bersama dan rapatkan barisan dan mengajak masyarakat untuk meyakini bahwa amanat konstitusi harus kita jalankan," Wiranto menandasi.

Reporter: Muhammad Radityo
Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Baca juga:
Isu Gagalkan Pelantikan Presiden Terpilih, Wiranto & Panglima Dinilai Berlebihan
TNI Kerahkan 8 Ribu Personel Kawal Pelantikan Presiden-Wakil Presiden
Bakal Ada Demo, Jalan Depan Gedung DPR Ditutup
Kabar Demonstran Kepung DPR Besok, Ini Pesan Akbar Tanjung
TNI-Polri Patroli Pascaunjuk Rasa yang Tewaskan 2 Mahasiswa di Kendari

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami