Wisatawan Tewas Terseret Ombak di Bali, Guide yang Coba Menolong Ikut Hilang

Wisatawan Tewas Terseret Ombak di Bali, Guide yang Coba Menolong Ikut Hilang
korban tenggelam pantai kelingking bali. ©2021 Merdeka.com/kadafi
NEWS | 25 Oktober 2021 10:36 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Dua warga yang mengunjungi Pantai Kelingking Beach, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, dan terseret arus pada Minggu (24/10) sekitar pukul 17.00 Wita. Jasadnya baru bisa dievakuasi pada Senin (25/10).

Dua warga itu, bernama bernama Nur Aisyah Sari (22) wisatawan asal Sumba Opu Makassar, Sulawesi Selatan dan seorang guide bernama, Putu Suasta asal Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali.

"Kejadian tersebut dilaporkan oleh Bapak Sarman selaku Kepala Dusun Desa Bunga Mekar, Nusa Penida sekira pukul 18.20 Wita," kata Gede Darmada selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar atau Basarnas Bali, Senin (25/10).

Dia menerangkan, korban Nur Aisyah datang bersama rekannya Ifriani (29) dan Putu Suasta sebagai guide ke Pantai Kelingking Beach Nusa Penida pada pukul 15.30 Wita.

Kemudian, sekitar pukul 17.00 Wita korban dan rekannya memutuskan untuk turun ke pantai. Setibanya di bawah, korban Nur Aisyah sempat bermain pasir dan berfoto di pantai. Sementara, rekannya Ifriani sempat mengingatkan korban agar tidak bermain terlalu ke dalam.

Namun tiba-tiba saja ombak besar datang menggulung korban hingga ke dalam. Korban yang tak pandai berenang sempat berteriak meminta tolong.

Kemudian, Ifriani dan Putu Suasta coba memberikan pertolongan. Namun naas Putu Suasta juga hilang terseret arus. Sekitar pukul 17.30 Wita korban Aisyah terlihat mengapung di pantai, beberapa warga kemudian memberikan pertolongan. Tapi saat dievakuasi korban sudah dalam kondisi tak bernyawa.

"Kami kemudian mengerahkan satu unit rigid inflatable boat menuju Pantai Kelingking Beach pukul 18.40 Wita, namun karena ombak besar menyulitkan proses evakuasi maka diputuskan untuk evakuasi melalui jalur darat," imbuh Darmada.

Kemudian, pada pukul 21.00 Wita tim rescue Basarnas Bali tiba di Panti Kelingking Beach dan langsung bergabung dengan tim SAR gabungan. Lalu, korban Nur Aisyah baru berhasil dievakuasi ke atas tebing pada Senin, (25/10) pukul 00.10 Wita.

"Selanjutnya korban dibawa menuju Rumah Sakit Pratama Nusa Penida, sementara pencarian terhadap Putu Suasta (Guide) akan dilanjutkan pagi ini," ujar Darmada. (mdk/rnd)

Baca juga:
Pencarian Anak Hanyut di Kali Angke Terkendala Tumpukan Sampah
Longsor Bekas Galian Tambang Kukar, Satu Pekerja Tewas dan Satu Orang dalam Pencarian
Hilang Saat Banjir Samarinda, Bocah 8 Tahun Ditemukan Meninggal di Saluran Parit
Terpeleset Saat Bermain di Kali Angke, Bocah Perempuan Hilang Terbawa Arus
2 Pekerja Tambang di Kutai Kartanegara Tercebur ke Kolam Eks Galian

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami