WN Italia yang jadi Gelandangan dan Pengemis di Bali Segera Dideportasi

WN Italia yang jadi Gelandangan dan Pengemis di Bali Segera Dideportasi
Bule Italia yang jadi gelandangan dan ngemis di Kuta. ©2021 Merdeka.com/Kadafi
PERISTIWA | 7 Mei 2021 13:25 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Warga Negara Asing (WNA) asal Italia bernama Albani Roberto (75) akan segera dideportasi ke negara asalnya oleh Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ngurah Rai, Bali.

Penderportasian bule yang diketahui hidup menggelandang dan sempat mengemis di Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, hanya tinggal menunggu tiket penerbangan dan paspor.

"Kami akan deportasi, namun sebelumnya deportasi kan kami harus menunggu tiket dan paspor yang bersangkutan," kata Putu Suhendra Tresnadita selaku Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, saat dihubungi Jumat (7/5).

Bule yang mengaku seniman dan memiliki usaha di Bali lalu bangkrut karena imbas pandemi Covid-19, telah dilakukan pemeriksaan oleh petugas. Dari hasil pemeriksaan bahwa bule itu menggelandang di Kuta karena kehabisan uang dan tak bisa kembali ke negaranya.

Sementara, untuk kondisi kesehatannya baik. Tetapi, bule itu juga sempat menolak menandatangi Berita Acara Pemeriksaan (BAP).
"Sempat menolak untuk melakukan tanda tangan di BAP. Tidak masalah, menolak boleh, tapi nanti kita buatkan berita acara penolakannya dia," imbuhnya.

Selain itu, Albani juga sempat dijenguk oleh pihak konsulat pada Kamis (6/5) kemarin dan pihak konsulat mendukung sepenuhnya langkah yang akan diambil oleh Imigrasi.
"Namanya konsulat, apabila sudah berkaitan dengan keimigrasian, dia akan membantu dan mendukung imigrasi," ujar Suhendra.

Seperti yang diberitakan, seorang pria Warga Negara Asing (WNA) asal Italia bernama Albani Roberto (75) ditemukan terlantar dan mengemis di kawasan Jalan Benesari, Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (5/5) lalu.

Kepala Satpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara menyampaikan, bahwa bule tersebut ditemukan tak berdaya di emperan toko di kawasan tersebut oleh warga dan dilaporkan ke petugas.

"Iya, ditemukan di Legian di Jalan Benesari," kata Suryanegara, saat dihubungi Rabu (5/5).

Ia menyampaikan, bahwa bule tersebut awalnya tinggal di kawasan Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali. Kemudian, setelah Pandemi Covid-19 dia tak bisa balik ke negara asalnya karena sedang lockdown.

Selain itu, bule tersebut mengaku sebagai seniman dan punya usaha. Namun, karena imbas pandemi Covid-19 akhirnya usahanya bangkrut dan dia terlantar. (mdk/ded)

Baca juga:
Ekspresi Bule Rusia Dideportasi Akibat Prank Lukis Masker di Wajah
Tak Bisa Mudik, Bule Italia Terlantar dan Mengemis di Bali Selama Setahun
Gubernur Bali Mengaku Ditegur Banyak Menteri Saat WNA Langgar Prokes
Imigrasi Bali Deportasi Bule Rusia yang Lukis Masker di Wajah
Kunjungan Turis Asing ke Bandara Sam Ratulangi Manado Naik 343 Persen di Maret 2021
Jumlah Kunjungan Turis ke Indonesia Naik di Maret 2021, Terbesar Dari Timor Leste

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami