Youtuber Atta Halilintar Muncul di Soal Ujian Bahasa Indonesia Tingkat SD

PERISTIWA | 28 Mei 2019 16:41 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Nama Youtuber ternama Indonesia, Atta Halilintar, muncul di soal ujian kenaikan kelas di sekolah dasar (SD) di Kota Serang Banten. Soal itu diperuntukkan mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas lima.

Soal diawali dengan teks bacaan tentang raihan prestasi Atta sebagai Youtuber, jumlah subscriber, konten video hingga pendapatan uang yang bersumber dari youtube. Lalu siswa diminta menjawab lima pertanyaan dari teks bacaan tersebut.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Serang, Wasis Dewanto, menanggapi temuan soal itu. Informasi yang dia dapat, berdasarkan keterangan dari Kasi Kurikulum dan Penilaian SD tidak ada motif apapun memilih sosok Atta sebagai dalam contoh soal ujian tersebut.

Meskipun, menurut Wasis, pemilihan sosok Atta dalam soal ujian ini dinilai kurang pantas, apalagi untuk soal pelajaran bahasa Indonesia.

"Ini menjadi catatan karena tidak semua anak-anak mengenal Atta Halilintar meski followernya jutaan. Apalagi ini pelajaran indonesia saya kira harus yang lebih bersifat nasionalis," kata Wasis saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (28/5).

Wasis menjelaskan, untuk mekanisme pembuatan soal ujian harian dan ujian kenaikan kelas merupakan kewenangan pihak sekolah dan dilaksanakan di masing-masing.

"Memang ini menjadi perhatian, kita yah koreksi dan akan melakukan pembinaan kepada guru yang membuat soal," katanya.

Baca juga:
Cerita Hafidh, Anak Penjual Mainan Peraih Nilai 100 di Semua Mata Pelajaran UN
Hafidh Rifai, Siswa SMAN 4 Solo Raih Nilai UN Sempurna 100
Rayakan Kelulusan, Siswa SMA dan SMK di Bali Konvoi dengan Seragam Penuh Coretan
Kemendikbud Berikan Nilai Nol bagi Siswa SMA atau SMK Curang saat UN
UNBK Berakhir, Siswa SMPN 7 Medan Dijemput dan Sumbangkan Seragam
Jaringan Komputer Bermasalah, 39 Siswa SMPN 2 Medan Terpaksa Ujian Susulan

(mdk/lia)