Zona Hijau Kelurahan Lakkang Makassar Percontohan Bebas Covid-19

Zona Hijau Kelurahan Lakkang Makassar Percontohan Bebas Covid-19
PERISTIWA » MAKASSAR | 5 Juli 2020 10:00 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Zona hijau yang disandang Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo menjadi percontohan bebas COVID-19 di Kota Makassar yang merupakan zona merah di Provinsi Sulawesi Selatan.

Camat Tallo Zainal Andi Takko mengatakan pada masa pandemi COVID-19 di Kota Makassar, Kecamatan Tallo patut berbangga karena kelurahannya masih ada yang zero (0) dari penyebaran Virus Corona jenis baru itu.

Hal itu berkat keseriusan dan kerja sama semua pihak di lapangan dalam memberikan edukasi dan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat di Kelurahan Lakkang, di antaranya Koramil 1408-02/Tallo, Polsek Tallo, dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 di wilayah itu.

"Alhamdulillah, berkat kerja sama semua pihak, Kelurahan Lakkang masih steril dari COVID-19," katanya di Makassar, Sabtu (5/7).

Lurah Lakkang M Zuud Arman mengatakan, keberhasilan tersebut tak dapat dicapai jika bekerja sendiri-sendiri, namun dengan kerja tim semuanya dapat berjalan sesuai dengan harapan.

"Kami bersama semua pihak mengikuti aturan dan petunjuk dari camat serta pemerintah tentang protokol kesehatan," katanya lagi.

Selain itu, bersama tim gugus tugas mengedukasi ke warga dengan "door to door", melakukan penyemprotan disinfektan, menjaga kebersihan lingkungan, wajib pakai masker, selalu mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Meskipun sudah menyandang zona hijau, karena di lokasi ini tidak ada orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan pasien positif COVID-19, ujar dia, namun semua pemangku kepentingan dan warga Lakkang tidak boleh lengah.

Hal itu dibenarkan salah seorang warga Lakkang, Rajeng.

Menurut dia, tingkat kesadaran warga untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19 sudah cukup tinggi, sehingga Kelurahan Lakkang yang lebih dikenal dengan nama Pulau Lakkang ini, dapat terjaga dengan baik.

"Semoga ini dapat terus dipertahankan dan menjadi contoh bagi kelurahan lainnya yang sebagian besar masih status zona merah," katanya pula. (mdk/ded)

Baca juga:
Seorang Pasien Positif Covid-19 di Balikpapan Kabur ke Banjarmasin
Kasus Positif Covid-19 di Kota Bogor Meningkat Lagi
Mahasiswa dan Dosen Positif Covid-19, UTBK di UIN Raden Fatah Dihentikan
Kepala BNPT: Terorisme Manfaatkan Pandemi Covid-19 Untuk Bergerak
Update Covid-19 di Papua: 1.937 Orang Positif, 20 Meninggal, 926 Sembuh
Pasien Covid-19 di Bangkalan Lari dari Ruang Isolasi, Diduga Kabur ke Jakarta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami