MERDEKA.COM » PIALA DUNIA
Belum lama usai, stadion bekas Piala Dunia ini sudah mulai rusak

Reporter : Achmad Fajar Muzakki



stadion rusak. ©2018 liputan6.com


Merdeka.com - Pesta sepakbola terbesar di dunia baru saja selesai. Perhelatan akbar tersebut tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi negara penyelenggaraannya. Selain bisa mempromosikan pariwisata dan mendapat banyak pemasukan selama even ini berlangsung, namun tahukah anda kalau ada sisi negatifnya pasca digelarnya Piala Dunia dunia kali ini. Salah satunya adalah stadion yang mulai rusak dan terbengkalai.

Penyebab kerusakan stadion yang baru saja digunakan dalam ajang Piala Dunia 2018 itu adalah akibat hujan deras. Hal ini memicu tanggul longsor dan jalan berlubang di beberapa titik.

stadion rusak ©2018 liputan6.com

Dikutip dari News.com.au pada Kamis (19/7/2018), banyak trotoar dilaporkan rusak di beberapa akses menuju stadion-stadion Piala Dunia Rusia 2018, di mana telah disalahkan atas pengerjaan yang buruk.

Stadion Volgograd Arena, misalnya, dibangun di tepi Sungai Volga, telah menggelar empat pertandingan Piala Dunia. Biaya pembangunannya mencapai US$ 370 juta, atau sekitar Rp 5,3 triliun.

Namun sayangnya, biaya sebesar itu tampak sia-sia ketika hujan lebat memicu kerusakan di banyak titik di stadion yang menjadi saksi kemenangan Prancis 2-1 atas Kroasia, pada final Piala Dunia 2018 lalu.

Sebuah laporan menyebut pipa air dan sistem pembuangan limbah pecah akibat pergerakan tanah, yang didorong oleh banjir kecil usai hujan lebat.

Akses jalan raya pun sempat tertutup pasir di beberapa ruas, sehingga membuat lalu lintas masuk dan keluar Stadion Volgograd Arena tersendat.

Di lain tempat, sebuah jalan di Nizhny Novgorod yang dibangun khusus sebagai akses menuju lokasi penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia di kota itu juga dilaporkan tergerus di beberapa ruas akibat hujan lebat.

Kerusakan terjadi di beberapa stadion yang menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia 2018 di Moskow, Rusia (AFP/Ilia Varlamov)
Terlepas dari kabar tentang insfrastruktur Piala Dunia 2018, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negaranya "bangga" telah menjadi tuan rumah pesta sepak bola terbesar sejagat raya.

"Kami tentu bangga dengan bagaimana suksesnya menyelenggarakan turnamen besar ini," kata Putin sesaat setelah menyaksikan Prancis berhasil membawa pulang Piala Dunia 2018.

"Kami telah membuat acara akbar ini sukses dalam segala hal. Kami telah melakukannya untuk Rusia yang bersemangat pada olahraga, dan untuk semua orang yang mencintai olahraga di seluruh dunia," lanjutnya bangga.


Putin Sebut Piala Dunia 2018 Sukses


stadion rusak ©2018 liputan6.com

Sementara itu, Presiden Vladimir Putin mengucapkan terima kasih kepada fans asing yang datang ke Rusia untuk menyaksikan Piala Dunia 2018.

Sebelumnya, sempat muncul kekhawatiran terulangnya memori kekerasan antara pendukung timnas Inggris dan Negara Beruang merah dalam gelaran Euro 2016 lalu di Prancis. '

"Para penggemar di Piala Dunia kali ini, menunjukkan bahwa olahraga dan sepak bola adalah alat pemersatu. Tidak ada perkelahian ataupun perselisihan. Semua menonton dengan nilai kebersamaan," kata Putin.

"Orang-orang mencoba menakut-nakuti kami dengan mengatakan Inggris akan datang dan melakukan hooliganisme (aksi anarki pendukung sepak bola) ... Tetapi semua orang berperilaku dengan cara yang patut diteladani," lanjutnya menjelaskan.

Melalui ajang Piala Dunia ini, Russia ingin membuktikan kalau negara ini adalah negara yang aman dan tak perlu lagi takut untuk mengunjunginya. Namun, terlepas dari euforia nya, masih ada beberapa masalah yang harus dibenahi oleh tuan rumah, terutama masalah stadion yang rusak ini.

Sumber: Liputan6.com

(mdk/mg2)


SHARE & FOLLOW









KOMENTAR ANDA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA

LOAD MORE NEWS