3 Pengusaha Ini Beri Sinyal Tak Tertarik Jadi Menteri Jokowi

POLITIK | 30 Juli 2019 05:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai menyeleksi calon menteri. Sejumlah nama dikabarkan sudah masuk di kantong Jokowi. Beberapa nama berpeluang duduk di kursi menteri, termasuk yang berasal dari kalangan pengusaha.

Akan tetapi ada sebagian pengusaha tak tertarik dengan jabatan strategis tersebut. Padahal di antara pengusaha berikut ini sangat dekat dengan Presiden Jokowi. Berikut para pengusaha yang tak tertarik jadi menteri:

1 dari 3 halaman

Wishnutama

Wishnutama dikenal dekat dengan Presiden Jokowi. Dia orang kreatif yang mengatur saat Jokowi naik motor di Pembukaan ASIAN Games 2018. Sejak saat itu, Wishnutama menjadi orang yang turut menyukseskan acara-acara Jokowi di TV, seperti Visi Indonesia.

Pada Jumat (26/7) lalu, Wishnutama juga hadir dalam acara pembubaran Tim Koalisi Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf. Bahkan dia satu mobil dengan Jokowi. Akan tetapi kedekatan Wisnutama dengan Jokowi tak membuatnya berambisi masuk jajaran kabinet. Dia malah mengaku tak punya bakat di pemerintahan.

"Enggak ada (isyarat jadi Menteri atau Ketua Lembaga). Saya enggak punya cita-cita jadi menteri. Passion saya mas tahu, kira-kira apa? Enggak usaha saya jelasin. Seperti show," kata Wishnutama.

Seperti diketahui, Wishnutama merupakan pengusaha di bidang media. Dia merupakan pendiri NET Televisi.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir

Sebagai Ketua tim sukses Jokowi-Ma’ruf Amin, Erick Thohir berpeluang menjadi menteri Kabinet Kerja Jilid II. Namanya santer disebut masuk alam jajaran anak muda yang masuk bursa menteri Jokowi selanjutnya.

Akan tetapi, Erick Thohir kurang berminat jika ada tawaran menteri kepadanya. Dia lebih memilih kembali ke profesi asalnya, pengusaha.

"Spent waktu dengan keluarga dan dunia usaha saya rasa pekerjaan yang sangat terhormat juga. Tidak semua harus jadi public service. Namun saat ini masing-masing punya pemikiran atau jalur sendiri," katanya di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/7).

3 dari 3 halaman

Sandiaga Uno

Nama Sandiaga Uno juga santer dibicarakan bakal masuk ke dalam kabinet menteri Jokowi jilid II. Meski menjadi rival dalam Pilpres 2019, namun belakangan nama Sandi santer disebut bakal mengisi kursi menteri Jokowi.

Meski begitu, Pemilik PT Saratoga Investama ini mengaku tak berminat duduk di kursi pemerintahan. "Kalau saya mencari kekuasaan, kembali lagi saja menjadi wakil gubernur," katanya beberapa waktu lalu. (mdk/has)

Baca juga:
Nama Mulai Masuk, Inilah Daftar Calon Menteri yang Disodorkan Partai
NasDem Pastikan Berikan Kader Terbaik Untuk Kursi Menteri Jokowi
PPP Sebut Belum Sodorkan 9 Kandidat Menteri Permintaan Jokowi
Pengusaha Saran Menteri Jokowi Gunakan Mobil Listrik jadi Kendaraan Dinas
Mardani Sebut Secara Moral PKS Tak Mungkin Dukung Jokowi
Luhut Ditanya Jarang Hadiri Agenda Politik: Ngurusin Ekonomi Lebih Bagus

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.