5 Kali Pimpin PDIP Solo, FX Rudy Bantah Regenerasi Gagal

POLITIK | 16 Juli 2019 10:00 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - FX Hadi Rudyatmo (Rudy) kembali dipilih sebagai Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Solo untuk 5 tahun ke depan. Sebelum dipilih dalam Konferensi Cabang (Konfercab) PDIP di Panti Marhaen Semarang Minggu (14/7) lalu, Rudy sempat menolak memimpin partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut. Namun karena campur tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Rudy tak bisa menolak.

Pria yang juga Wali Kota Solo itu membantah jika regenerasi kader di partainya tidak berjalan. Menurutnya periode jabatannya sebagai pucuk pimpinan DPC PDIP bukanlah tolok ukur kegagalan regenerasi. Untuk itu ia meyakinkan jika regenerasi kader partainya tetap berjalan.

"Jabatan ketua itu tidak jadi ukuran regenerasi. Buktinya kepengurusan partai di tingkat ranting, pengurus anak cabang (PAC) dan DPC ada perubahan terus," ujar Rudy Selasa (16/7).

Bahkan sebelum berlangsungnya konfercab, kaderisasi internal partai juga sudah disiapkan. Namun Megawati masih menunjuk dirinya sebagai ketua. Padahal usulan jabatan ketua, sekretaris dan bendahara sudah diisi oleh nama-nama baru.

FX Hadi Rudyatmo pertama kali menjabat ketua DPC PDIP pada periode 2000-2005. Ia terpilih kembali pada periode berikutnya hingga saat ini. Pada periode ini Rudy didampingi Teguh Prakosa sebagai sekretaris dan Joni Sofyan Erwandi sebagai bendahara.

"Dalam waktu dekat kami akan melakukan konsolidasi baik secara internal maupun eksternal. Pengurus tingkat DPC juga sudah kami susun," pungkas Rudy.

Baca juga:
FX Rudy Pasrah Diminta Megawati Jadi Ketua DPC PDIP Solo Lagi
PDIP: Pertemuan Jokowi-Prabowo Sejukkan Suasana Akar Rumput
FX Rudy Menolak Jadi Ketua DPC, PDIP Solo Siapkan 8 Nama Pengganti
PDIP Godok Empat Nama Bakal Calon Wali Kota Solo
Megawati Mengaku Belum Ada Ajakan dari Jokowi untuk Bahas Kabinet
Megawati Minta Anak Muda yang Akan Jadi Menteri Minimal Paham Soal DPR

(mdk/bal)