5 Laporan kubu Prabowo terkait pelanggaran pemilu

5 Laporan kubu Prabowo terkait pelanggaran pemilu
Deklarasi Prabowo-Hatta. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko
NEWS | 18 Juni 2014 09:18 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Kubu Prabowo - Hatta dan Jokowi - JK bertarung sengit memperebutkan simpati masyarat di Pilpres 2014. Berbagai peluang dan kesempatan yang dimiliki kubu keduanya, digunakan untuk kampanye.

Tak jarang kampanye kubu lawan, dinilai menyalahi aturan oleh kubu lainnya. Entah dinilai memuat unsur SARA, atau terkait hal-hal teknis yang sudah diatur dalam UU Pilpres.

Akhirnya lembaga penegak etik pelaksanaan pemilu, menjadi tempat 'curhat' untuk melaporkan dugaan pelanggaran tersebut.

Apa saja laporan dugaan pelanggaran selama pemilu? Berikut penjelasannya:

2 dari 5 halaman

Laporkan iklan Bintang Toedjoe ke Bawaslu

bintang toedjoe ke bawaslu rev3bawaslu. ?2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Selain ke PN Jakpus, Habiburokhman juga melaporkan iklan yang mengandung unsur kampanye kubu Jokowi ke Bawaslu.

"Hari ini kami melaporkan iklan jamu Bintang Toedjoe Masuk Angin ke Bawaslu. Karena diduga merupakan iklan terselubung yang digunakan untuk mendongkrak elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor 2 Jokowi-JK ," kata Habiburokhman.

Tiga alasan diutarakan Habiburokhman. Pertama pemeran iklan tersebut memakai kemeja kotak-kotak yang motifnya sama dengan kemeja kotak-kotak merah, biru, putih yang digunakan Jokowi di surat suara.

Kedua, pemeran iklan tersebut sangat vulgar menyampaikan gestur yang menunjukkan dukungannya ke capres nomor dua Jokowi. Dengan mengacungkan jari telunjuk tengah secara bersamaan yang menyimbolkan nomor urut Jokowi dalam pilpres ini.

Ketiga pemeran iklan tersebut dinilai menyampaikan pesan-pesan yang secara umum berisi ajakan memilih capres nomor dua.

3 dari 5 halaman

Laporkan caleg PDIP ke Bawaslu

pdip ke bawaslu rev3Ilustrasi iblis. ?playstation.com

Lantaran menyebut Capres Prabowo Subianto sebagai jelmaan Iblis atau Dajjal yang menyamar jadi manusia, pemilik akun facebook (FB) atas nama Jessika Stefani Rachel bakal tersandung masalah. Sebab, Tim Pemenangan Praowo-Hatta di Jawa Timur akan melaporkan ulah pemilik akun FB asal Lumajang itu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur.

Pada akun FB-nya, si pemilik, sesuai dengan status yang tertera di akun tersebut, mengaku sebagai Caleg nomor urut 4, DPRD Jawa Timur Dapil IV, Lumajang-Jember, asal PDIP.

Dan wall akun FB miliknya itu, Jessika dianggap melakukan kampanye hitam dengan mendiskriditkan Capres Prabowo Subianto. Pada dinding FB-nya, Jessika menulis:

"P.I.S.S N.K.R.I Tahukah Anda...????? Prabowo_Subianto Adalah Jelmaan Iblis Atau Dajjal Yang Menyamar Jadi Manusia. Betapa Bahayanya Dia Kalo Sampai Jadi Pemimpin Negeri ini. Ini Bukan Fitnah atau Black Campaign. Ada Sumber Yang Kuat Untuk Membuktikan Fakta ini," tulisnya.

"Ini sangat keterlaluan dan bukan lagi black campaign, tapi sudah penghinaan berbau SARA serta fitnah. Sehingga ini bisa masuk tindak pidana Cyber Crime dan akan kami laporkan ke Bawaslu Jawa Timur," tegas Wakil Ketua Bidang Media Center Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Jawa Timur, Hendro T Subiantoro saat dikonfirmasi wartawan, Senin (16/6).

4 dari 5 halaman

Rusak baliho Prabowo-Hatta

prabowo hatta rev3Prabowo-Hatta jalan kaki ke KPU. ?2014 merdeka.com/arie basuki

Panwaslu Kabupaten Kediri, Senin (16/6) memeriksa Ari pemuda warga Desa Jatirejo Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri yang diduga sebagai pelaku perusakan alat peraga kampanye milik calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Prabowo-Hatta,

Selain melaporkan pelaku, sejumlah barang bukti dilaporkan pihak tim pemenangan Prabowo-Hatta ke Panwaslu. Ari dilaporkan tim pemenangan karena melakukan perusakan alat peraga kampanye di Desa Bulusari Kecamatan Tarokan. Pelaporan, setelah dilakukan penelusuran berdasarkan keterangan beberapa saksi.

"Panwaslu masih mendalami keterangan pelaku dan jika memenuhi unsur tindak pidana, panwaslu akan membawa kasus itu ke ranah hukum," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Kediri Muji Harjito.

5 dari 5 halaman

Laporkan Hendropriyono ke Bawaslu

ke bawaslu rev3Guru Besar STIN Hendropriyono. ?2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Habiburokhman mendesak Bawaslu beri peringatan tegas kepada mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) AM Hendropriyono, soal ucapan yang menyebut Prabowo psikopat. Hendropriyono adalah anggota Tim Pemenangan Jokowi-JK.

"Kalau Bawaslu harus ada teguran keras pada Hendro. Kenapa? kan dia tim resmi tim kemenangan nasional Jokowi," kata Habiburokhman di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Jumat (6/6).

Tidak hanya itu, Habiburokhman menegaskan, bahwa pernyataan Hendropriyono itu merupakan fitnah. Maka dari itu, pihaknya sudah melaporkan Hendropriyono ke Bawaslu beberapa waktu lalu. (mdk/did)

Baca juga:
Jokowi: Kalau panasnya dari dulu, duitnya dari mana?
Sikap hangat Prabowo ke Jokowi saat debat dinilai tak asli
Musisi-musisi ini bikin lagu untuk Prabowo dan Jokowi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami