5 Pimpinan KPK Baru Makan Siang Bareng Komisi III DPR Sebelum Paripurna

POLITIK | 16 September 2019 17:20 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - DPR menyelenggarakan sidang paripurna dengan salah satu agenda mengesahkan pimpinan KPK periode 2019-2023, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/9).

Dua jam sebelum paripurna dimulai, lima komisioner terpilih makan siang bersama Komisi Hukum di ruang rapat Komisi III. Agenda paripurna itu ngaret dari seharusnya dimulai pukul 13.00, menjadi 14.30 WIB.

Lima pimpinan KPK terpilih hadir lengkap. Ketua Irjen Firli Bahuri, Wakil Ketua Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Alexander Marwata, dan Nurul Gufron.

Firli keluar dalam barisan paling depan menuju ruang paripurna yang terletak di lantai tiga atau di atas ruangan Komisi III DPR. Terpantau beberapa anggota komisi III hadir, misalnya Ketua Azis Syamsuddin, dan anggota Nasir Djamil.

Terlihat Firli berusaha menghindari awak media. Langkah seribu dia ambil dengan alasan telat menuju sidang paripurna. Sidang paripurna dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengetok laporan yang dibacakan Azis Syamsuddin. Semua anggota DPR setuju lima pimpinan baru. Arsul sempat interupsi, tetapi dia memberikan pesan dan memuji komisioner terpilih.

"Mudah-mudahan bapak-bapak konsisten menjadi pimpinan jangan di tengah jalan mengembalikan mandat kepada presiden," kata Arsul.

Setelah disahkan DPR, lima pimpinan bercengkrama dengan Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua Fahri Hamzah. Mereka foto bersama. Kemudian lima pimpinan KPK keluar dari ruang sidang.

1 dari 1 halaman

Hanya Makan Siang Biasa

Lima pimpinan KPK itu masih menghindari kejaran wartawan. Hanya Alexander Marwata, yang merupakan petahana, meladeni wawancara. Menurut Alex, jamuan makan siang itu hal yang biasa. Dia berdalih pengalamannya silam, bersama pimpinan jilid empat Agus Rahardjo dkk juga dijamu Komisi III sebelum sidang.

"Enggak, siapa bilang? Saya sejak dipilih jadi komisioner di jilid IV juga dulu begini juga," ujarnya.

Kata Alex, pertemuan siang ini hanya jamuan makan biasa. Tidak ada pembicaraan khusus. Komisi III berpesan kepada pimpinan baru.

"Gak ada ngobrol biasa saja. Selamat bekerja dan berbakti kepada bangsa dan negara selamat memberantas korupsi. Pesannya cuma itu," kata Alex. (mdk/rnd)

Baca juga:
Pimpinan KPK Terpilih Periode 2019-2023 Disahkan DPR
PKB Sebut Jokowi dan DPR Semangat Memperkuat KPK
Alexander Marwata Sebut Pimpinan Baru KPK Selalu Diragukan Masyarakat
PPP Pesan ke Ketua KPK Firli: Close to Your Friend, but Closer to Your Enemy
Alexander Marwata Bakal Tertibkan Wadah Pegawai KPK