9 Pesohor yang Lolos Melenggang ke Senayan

POLITIK | 31 Agustus 2019 14:22 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - KPU menggelar rapat pleno terbuka penetapan kursi dan calon terpilih anggota DPR dan DPD RI pada Pemilu 2019. Tiga partai memperoleh suara terbanyak di atas 10 persen yaitu PDIP (19,33 persen), Gerindra (12,57 persen) dan Golkar (12,31 persen).

Sejumlah pesohor atau selebritis tanah air juga berhasil melenggang ke Senayan; ada yang petahana maupun wajah baru di dunia politik.

Selebritis yang merupakan petahana yang lolos ke Senayan yaitu Desy Ratnasari dari PAN. Desy berasal dari dapil Jawa Barat IV memperoleh suara 86.450.

Rieke Diah Pitaloka juga kembali melaju ke Senayan dengan perolehan suara 169.729 dari dapil Jawa Barat VII. Dari dapil Jawa Barat V ada Primus Yustisio dari PAN yang memperoleh suara 86.983.

Selain itu, ada Rachel Maryam dari Gerindra di dapil Jawa Barat II. Rachel mengantongi 145.636 suara.

Dari dapil Jawa Barat II ada juga nama Dede Yusuf dari Partai Demokrat dengan perolehan suara 165.182. Arzeti Bilbina juga kembali melenggang ke Senayan. Mantan peragawati yang juga kader PKB ini mengantongi 53.185 suara di dapil Jawa Timur I.

Sementara itu, pesohor yang merupakan wajah baru di dunia politik yaitu pesinetron Tommy Kurniawan. Tommy merupakan kader PKB berasal dari dapil Jawa Barat V. Perolehan suaranya sebanyak 33.988. Junico BP Siahaan atau dikenal dengan nama Nico Siahaan dari PDIP mengantongi suara 68.237 di dapil Jawa Barat I. Di dapil Jawa Timur V ada nama diva Krisdayanti. KD berasal dari PDIP dan memperoleh suara 132.131.

Selain selebritis, dua menteri Kabinet Indonesia Kerja juga lolos ke Senayan yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Puan dari dapil Jawa Tengah V memperoleh suara 404.034. Sedangkan Yasonna berasal dari dapil Sumatera Utara I mengantongi 124.848 suara. Baik Puan maupun Yasonna merupakan kader PDIP.

Baca juga:
Jadi Anggota Dewan, Tina Toon Janji Akan Tetap Rendah Hati
Gagal Lolos Jadi Anggota DPR, Nafa Urbach: Belum Waktunya
Artis-Artis Lama yang Diprediksi Lolos ke DPR
Daftar Caleg Artis yang Gagal di Jawa Barat
Sudirman Said, Sugiono, Anak Amien Rais dan Mustofa Nara Gagal Masuk DPR
Deretan Artis-Artis Ternama Tak Lolos Sebagai Anggota DPR di Pemilu 2019
Hasil Pileg DPR Jatim: Krisdayanti Melenggang ke Senayan, Ahmad Dhani Gagal

(mdk/rnd)