Ade Barkah Terseret Korupsi, Ace Hasan Didapuk Jadi Plt Ketua DPD Golkar Jabar

Ade Barkah Terseret Korupsi, Ace Hasan Didapuk Jadi Plt Ketua DPD Golkar Jabar
Tubagus Ace Hasan Syadzily. ©dpr.go.id
POLITIK | 15 April 2021 21:51 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Ketua DPD Golkar Jawa Barat saat ini beralih kepada TB Ace Hasan Syadzili. Ia menjadi pelaksana tugas (Plt), menggantikan Ade Barkah Surahman yang terseret kasus korupsi proyek pembangunan di Kabupaten Indramayu.

Ace menyatakan posisi Plt Ketua DPD Golkar Jabar sudah diisi oleh dirinya sejak 9 Februari 2021. Penggantian itu merupakan sikap partai jika ada kadernya yang terjerat kasus hukum.

"Ini sikap DPP Partai Golkar terkait pemberantasan korupsi," ucap dia, Kamis (15/4).

Diminta tanggapan mengenai kasus korupsi yang menjerat kader Golkar, Ace mengaku tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah. Hanya saja, ia meminta setiap proses hukum diikuti dengan baik.

"Kami prihatin atas peristiwa hukum yang terjadi pada Ade Barkah dan Siti Aisyah. Kami minta keduanya ikuti proses hukum," terang dia.

Seperti diketahui, selain Ade Barkah, kasus korupsi proyek di Indramayu menyeret pula nama Siti Aisyah Tuti Handayani yang juga kader Golkar yang juga mantan Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Partai Golkar periode 2014-2019. Keduanya diduga terlibat dalam penerimaan suap mantan anggota DPRD Jabar, Abdul Rozaq Muslim dari seorang pegusaha sebesar Rp 9 miliar.

Abdul Rozaq Muslim dijerat dengan Pasal 12 huruf a Jo Pasal 18 UU nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 dan Pasal 65 ayat (1) KUHP sebagaimana dakwaan pertama dan Pasal 11 Jo Pasal 18 UU RI Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke dan Pasal 65 ayat (1) KUHPidana sebagaimana dakwaan kedua.

Diketahui, nama terdakwa muncul dalam kasus ini berdasarkan pengembangan kasus korupsi proyek yang menyeret mantan Bupati Indramayu Supendi. (mdk/eko)

Baca juga:
Golkar: Jangan Sampai Jokowi Marah Lagi, Menteri Harus Action
Peluang Prabowo dan Airlangga di antara 4 Poros Koalisi Pilpres 2024
Tren Elektabilitas Parpol: PDIP Merosot, Golkar-NasDem Naik
Membaca Peluang Koalisi Nasionalis-Religius Usung Capres di 2024
Dukung Industri Film Nasional, Golkar Gelar Nonton Bareng di 24 Daerah
Pertemuan Airlangga dan Suharso Dinilai untuk Penjajakan Pilpres 2024

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami