Agun Gunandjar Nilai Airlangga Kerap Tak Konsisten Dalam Ambil Keputusan

Agun Gunandjar Nilai Airlangga Kerap Tak Konsisten Dalam Ambil Keputusan
Agun Gunandjar. ©2019 Merdeka.com/Angga Yudha Pratomo
NEWS | 26 November 2019 17:37 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Politikus Senior sekaligus Bakal Calon Ketua Umum Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa menilai banyak pengambilan keputusan kebijakan yang tidak konsisten di era kepemimpinan Airlangga Hartarto. Hal itu, ia katakan terkait dengan pemilihan Ketua Umum Golkar di Musyawarah Nasional (Munas) Desember mendatang.

Agun memberikan contoh pengambilan keputusan yang tidak konsisten dari Airlangga. Salah satunya karena terkait dukungan Munas dari para pelaksana tugas (Plt) dari DPD Partai Golkar.

"Dan itu terjadi begitu masuk kepemimpinan Pak Airlangga saya melihat juga memang diakomodasi semua tetapi dalam proses pengambilan keputusan kebijakan banyak hal yang tidak konsisten di mata saya. Contoh misalkan Plt," kata Agun pada wartawan, Selasa (26/11).

2 dari 3 halaman

Plt Tak Punya Hak Suara di Munas

Menurutnya, Plt tidak memiliki hak suara apapun di Munas. Sehingga jika memang mau mendapatkan suara dukungan harus dirapatkan terlebih dahulu dengan anggota DPD lainnya.

"Nah suaranya itu harus didasarkan atas semua rapat pertemuan sesuai dengan kelompoknya yang dipercayanya siapa? Belum tentu ketua Plt-nya," ungkapnya.

"Jadi vote kalau perlu, nah siapa yang dipercaya nah itulah yang ke dapatkan mandat untuk memberikan suara dan itu dilaporkan ke panitia Munas. Berdasarkan atas dokumen-dokumen," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Akan Tempuh Jalur Hukum

Sebelumnya, Agun mengaku akan menempuh jalur hukum jika proses pemilihan ketua umum tidak dilakukan sesuai UU Parpol dan AD/ART. Dia menegaskan akan melapor ke Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly bila menemukan kejanggalan.

"Nah kalau proses yang dipaksakan dengan cara-cara rekayasa, lewat surat dukungan, hari ini saya declare, apakah saya lolos dalam penjaringan atau tidak, tapi kalau praktik itu yang dilakukan saya akan gugat ke Menkum HAM sebagaimana UU Parpol," kata Agun kepada wartawan, Selasa (26/11). (mdk/eko)

Baca juga:
Golkar Kalbar: Silakan Maju Munas, Tapi Jangan Buruk-burukkan Calon Lain
Visi Bamsoet di Munas: Kaderisasi Berjenjang, Lahirkan Politisi Berintegritas
Maju Munas, Indra Utoyo Ingin Ciptakan Golkar Bersih dari Korupsi
Bamsoet atau Airlangga yang Langgar Janji?
Golkar Makin Jeblok, Alasan IBU akan Lawan Airlangga & Bamsoet di Munas

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami