Agun: Malulah Golkar ngemis-ngemis ke Jokowi

Agun: Malulah Golkar ngemis-ngemis ke Jokowi
Agun Gunanjar Sudarsa. ©2012 Merdeka.com
NEWS | 13 Agustus 2014 19:01 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Fungsionaris Partai Golkar Agun Gunanjar Sudarsa setuju saja jika pemilihan ketua umum (Munas) Golkar dilakukan tahun 2014. Namun, dengan catatan digelar setelah pelantikan presiden dan wakil presiden yang baru pada 20 Oktober mendatang.

"Munas kalau bicara sudah dengan imbauan saya, Munas 2014 setuju saya setuju tidak 2015, tapi setelah tanggal 20 Oktober," kata Agun di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (12/8).

Dia menjelaskan, hal ini dilakukan agar Golkar tak ikut campur membahas kabinet Jokowi - JK . Agun khawatir, Golkar mengemis kekuasan kepada pemerintahan yang baru.

Apalagi, kata dia, Jokowi - JK sudah menyatakan koalisi tanpa syarat. Dia merasa malu jika Golkar harus meminta-minta kekuasaan kepada pemerintahan.

"Ya biar kita enggak ikut-ikut nyusun kabinet, serahkan sama Jokowi lah, enggak usah kita ikut-ikutan nyusun kabinet, apalagi Jokowi kan bilang tanpa syarat, malulah Golkar ngemis-ngemis," tegas dia.

Karena itu, dia lebih setuju Golkar berada di luar pemerintahan. Dengan demikian, Golkar menjadi partai yang tidak mengemis kekuasaan.

Diketahui, gonjang-ganjing internal Golkar terus menyeruak pasca hasil Pilpres 2014. Posisi Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie (Ical) terus digoyang dengan manuver para elitenya yang mendesak agar Musyawarah Nasional (Munas) segera digelar 2014.

Wakil Ketua Umum Golkar MS Hidayat dan Agung Laksnono bahkan sudah menyatakan maju sebagai calon ketua umum di Munas nanti untuk gantikan Ical.

Dalam AD/ART Golkar bahwa pelaksanaan Munas dilakukan lima tahun sekali artinya digelar 2014 ini. Namun sesuai kesepakatan bersama pada Munas 2009 di Riau lalu, massa Munas diperpanjang sampai 2015 karena berbenturan dengan pergelaran Pilpres 2014.

(mdk/dan)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami