AHY bertemu Airlangga, Golkar sebut bisa saja koalisi dengan Demokrat

AHY bertemu Airlangga, Golkar sebut bisa saja koalisi dengan Demokrat
POLITIK | 1 Maret 2018 16:19 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Ketua Korbid Kepartaian Partai Golkar Ibnu Munzir mengakui pertemuan antara Ketua Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) pemenangan Pilkada dan Pemilu 2019 Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua Umum Airlangga Hartarto membahas penjajakan awal koalisi. Partai Golkar membuka diri dengan segala ajakan dan lobi politik dari partai politik jelang Pemilu Serentak 2019.

"Itu bisa saja, kita bisa menafsirkan banyak hal. Yang namanya lobi politik, tidak ada satu pun partai politik yang menutup diri, tidak boleh. Namanya kepentingan politik bisa bersinggungan di titik mana," kata Ibnu di Kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Cikini, Jakarta, Kamis (1/3).

Ibnu mengatakan koalisi partai politik tak ada yang permanen. Untuk itu, dialog menjadi penting untuk menyatukan persepsi sebelum membentuk koalisi.

"Jadi di mana kita bersinggungan posisi di mana kita berbeda. Itu saya kira. Sehingga dialog penting. Dialog mempersamakan persepsi, mungkin menyatukan sikap dan langkah titik tertentu," tegasnya.

Namun, Ibnu menegaskan, pertemuan antara AHY dan Airlangga baru sebatas komunikasi awal dan belum ada keputusan apapun terkait koalisi Golkar dan Demokrat.

"Ya perbincangan awal saya kira. Itu tidak bisa langsung masuk. Namanya orang kenalan ada pra, main musik tidak bisa langsung refrein, menyanyi saja ada ha-ha-ha," ujar Ibnu.

Dikonfirmasi terpisah, Korbid Perekonomian Partai Golkar Aziz Syamsuddin menuturkan peluang koalisi antara Golkar dan Demokrat masih terbuka. Akan tetapi, dia menyebut, pembentukan koalisi tidak bisa diputuskan hanya dalam sekali pertemuan.

"Masih terbuka kemungkinan, mudah mudahan bisa terbuka dan bisa berjalan. Tentu koalisi itu kan tidak bisa secara langsung kan, harus berjalan lewat pertemuan pertemuan dari waktu ke waktu," ungkapnya.

Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) pemenangan Pilkada dan Pemilu 2019 Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pagi ini. Kedatangan AHY bertujuan untuk mengundang Airlangga ke acara Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat pada 10-11 Maret di Sentul, Jawa Barat. (mdk/eko)

Baca juga:
Aziz tepis spekulasi pertemuan AHY dan Airlangga bahas koalisi Pemilu 2019
Fayakhun mundur, Agus Gumiwang resmi jabat plt Ketua DPD Golkar DKI
'Golkar partai kedua terbesar, fatsunnya mengajukan cawapres Jokowi'
Pertemuan lanjutan AHY dan Airlangga dilakukan bila keduanya menyukai kopi yang sama
Undang rapimnas Demokrat, Agus Yudhoyono temui Ketum Golkar

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami