AHY pesan santri turut jaga perdamaian dalam keberagaman

POLITIK | 13 April 2018 18:47 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Agus Harimurti Yudhoyono meminta santri dan santriwati ikut menjaga perdamaian di dalam keberagaman bangsa. Hal itu disampaikan AHY, sapaan akrabnya, saat mengunjungi Pondok Pesantren Tahfidzul Quran (PPTQ) Al- Asy'ariyyah, Kalibeber, Wonosobo.

"Ukuwah Islamiyah harus terus dipelihara, tetapi ukuwah insaniyah juga harus dilakukan dari hari ke hari sehingga kita bisa hidup damai dan tenteram di dalam wadah NKRI," ujar AHY yang juga Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat seperti diberitakan Antara, Jumat (13/4).

Suami Annisa Pohan ini pun mengingatkan Indonesia memiliki Pancasila yang salah satu nilainya adalah menjunjung tinggi persatuan diatas keberagaman sehingga umat bisa hidup saling berdampingan.

Karena itu dia berharap Indonesia secara internal selalu menjaga perdamaian yang hakiki dengan mengedepankan toleransi dan tenggang rasa diantara kita semuanya.

"Indonesia memiliki Pancasila dan Merah Putih sehingga kita senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan di atas keberagaman yang kita miliki," ujarnya.

AHY juga mengajak para santri dan santriwati untuk peduli kepada sesama umat Islam dimana pun berada, terkait dengan apa yang terjadi di Timur Tengah, dari penggunaan senjata kimia di Suriah, pembantaian etnis minoritas Islam Rohingya di Myanmar, hingga penembakan secara brutal di Palestina baru-baru ini.

Dia menilai umat muslin Indonesia sebagai sebagai populasi muslim terbesar di dunia, harus bisa menunjukkan sikapnya mencerminkan dunia Islam yang masyarakat tahu tidak selalu dalam situasi yang baik.

"Ini adalah komitmen kita sejak kemerdekaan Indonesia agar juga menjaga ketertiban dunia," tandasnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Menteri Lukman imbau santri belajar agama disertai logika dan nalar
Menag sebut santri punya tanggung jawab besar menjaga NKRI
Hindari isu SARA, Jokowi disarankan gaet cawapres dari santri
Tahun 2017 disebut momentum kebangkitan politik kaum santri
Peringati Hari Santri, ribuan warga NU Kota Kediri jalan sehat pakai sarung
Latar belakang sebagai santri diharapkan bisa pimpin negeri

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.