Airlangga Bertemu Mardiono, PPP Tegaskan Solid dengan KIB

Airlangga Bertemu Mardiono, PPP Tegaskan Solid dengan KIB
Airlangga dan Mardiono. ©2022 Merdeka.com/Istimewa
NEWS | 6 Oktober 2022 18:01 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono di Jakarta, kemarin (5/10). Pertemuan itu diposting Airlangga dalam akun Instagram pribadinya.

"Sembari ngopi dan makan malam, kami berdiskusi tentang agenda-agenda sosial-politik kebangsaan ke depan, termasuk mengawal program-program nasional Presiden Joko Widodo @jokowi hingga 2024." tulis Airlangga dilihat pada Kamis (6/10).

Pertemuan ini menegaskan posisi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap solid. Ketua DPP Golkar Dave Laksono mengatakan, akan ada pertemuan lebih lanjut antara tiga ketua umum di KIB. Untuk itu apa hasil pertemuan Airlangga dan Mardiono menunggu penjelasan resmi nanti.

Direncanakan PPP akan menjadi tuan rumah pertemuan KIB di Semarang. Tiga ketua umum akan bertemu.

"Ya nanti setelah 3 ketum bertemu. Baru ada penjelasan resmi," kata Dave.

Sementara itu Dave juga menegaskan posisi Airlangga masih didorong sebagai calon presiden dari Golkar. Meski KIB saat ini belum mengumumkan calon presiden.

"Kebijakan partai tidak berubah, calon presiden kami adalah Pak Airlangga Hartarto. Semua masih sangat solid mendukung Airlangga untuk Pilpres 2024 nanti," kata Dave.

2 dari 3 halaman

PPP pun menegaskan posisinya masih berada di KIB. Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan, pertemuan Airlangga dan Mardiono membahas KIB.

Menurut politikus yang akrab disapa Awiek itu, PPP belum berubah posisi koalisinya. Ia yakin tidak akan berbelok karena Mardiono sebelumnya merupakan koordinator PPP di KIB.

"Ya tetap di KIB. Pak Mardiono sendiri kan koordinator KIB di PPP. Karena beliau sekarang menjadi ketua umum, maka koordinator KIB di PPP kemungkinan nanti akan diganti orang lain yang mengatur secara teknis," ujarnya.

Soal pergantian posisi koordinator di KIB, Mardiono akan mendelegasikan kepada kader lain. Karena Mardiono fokus menjadi ketua umum.

"Untuk menggantikan posisi Pak Mardiono sebagai koordinator KIB di PPP, karena beliau kan jadi ketua umum sekarang," kata Awiek.

3 dari 3 halaman

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan, Mukernas PPP yang akan digelar awal tahun depan akan membahas posisi partai di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu akan dibahas jika calon presiden hasil Mukernas tidak dapat diperjuangkan di dalam koalisi.

Arsul mengatakan, Mukernas akan mendengar aspirasi kader PPP siapa calon presiden yang akan diusung. Akan dibahas posisi PPP di KIB bila nama yang muncul tidak bisa diperjuangkan di koalisi.

"Mau tidak mau harus mendengarkan dari semua pemegang saham di situ siapa? Nanti kira-kira yang paling satu kuat itu siapa dukungannya disuarakan dalam Mukernas," kata Arsul kepada wartawan dikutip Rabu (5/11).

"Yang kedua tentu kemudian apakah ini mungkin atau tidak diperjuangkan di koalisi PPP di KIB itu," jelasnya.

Maka dari itu, terbuka juga peluang PPP untuk keluar dari KIB. "Di politik yang tetap itu hanya perubahan itu sendiri," sambung Arsul.

Namun, untuk saat ini posisi PPP tetap bersama KIB. Arsul menegaskan, belum ada struktur PPP yang meminta partai untuk keluar dari PPP.

"Saat ini saya katakan belum, tidak ada struktur PPP yang meminta agar pengurus pusat DPP keluar dari KIB. Tidak ada sampai sekarang," katanya.

(mdk/ded)

Baca juga:
Kisruh Internal Dinilai Membuat PPP Galau di KIB
Respons Airlangga soal PPP Berpeluang Keluar dari KIB
PPP Buka Peluang Keluar dari KIB
NasDem Deklarasi Anies, PAN Akan Putuskan Capres Bareng KIB
Waketum PPP Goda Elite Demokrat Agar Gabung KIB
KIB Santai NasDem Deklarasi Anies Capres: Yang Penting Kita Punya Tiket Lebih Dulu

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini