Alasan PDIP Pilih Ganjar Baca Hasil Rakernas PDIP Poin Capres Hak Megawati

Alasan PDIP Pilih Ganjar Baca Hasil Rakernas PDIP Poin Capres Hak Megawati
Ganjar bacakan hasil Rakernas PDIP soal Pilpres. ©2022 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi
NEWS | 24 Juni 2022 10:01 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diberikan kesempatan membacakan hasil Rakernas II bidang Ideologi Pancasila, Sistem Politik, dan Pemilu 2024. Lebih khusus, satu poin rekomendasi menegaskan hak prerogatif Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menetapkan calon presiden dan calon wakil presiden.

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan, hal ini menegaskan hasil rekomendasi Rakernas berlaku untuk seluruh kader PDIP. Maka itu yang membacakan adalah kepala daerah dari PDIP, selain Ganjar, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan Bendahara DPD PDIP Bali Dewa Made Mahayadnya yang mewakili Gubernur Bali I Wayan Koster.

Rekomendasi Rakernas II menjadi kewajiban kader internal untuk diikuti.

"Semua gubernur yang hadir tadi diberikan kesempatan. Itu menandakan rekomendasi itu berlaku bagi semuanya," ujar Djarot kepada wartawan, dikutip Jumat (24/6).

Selain itu, tidak ada pembagian khusus kepada Ganjar untuk membacakan poin tentang calon presiden. Hanya mengalir begitu saja ditunjuk Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. "Tentang pembagian dan sebagainya ndak ada itu. Itu ngalir saja pak sekjen," kata Djarot.

Ganjar diberikan kesempatan membacakan rekomendasi terkait Ideologi Pancasila, Sistem Politik, dan Pemilu 2024, supaya politikus PDIP ini membumikan ideologi Pancasila.

"Itu harusnya dibumikan sejak dini. Makanya didorong agar pendidikan Pancasila itu sejak anak usia dini melalui pendidikan baik secara formal informal di semua jenjang pendidikan," kata Djarot.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Rekomendasi Rakernas II PDI Perjuangan dibacakan dalam penutupan Rakernas di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis (23/6). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut membacakan rekomendasi eksternal. Politikus PDIP ini membacakan rekomendasi dalam bidang Ideologi Pancasila, Sistem Politik, dan Pemilu 2024.

Salah satu poin rekomendasi tersebut adalah mengenai pencalonan presiden dan wakil presiden Pilpres 2024. Ada tujuh poin rekomendasi bidang Ideologi Pancasila, Sistem Politik, dan Pemilu 2024.

Pembacaan rekomendasi Rakernas ini saksikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ketua DPP PDIP Muhammad Prananda Prabowo, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey di meja pimpinan. Serta disaksikan peserta Rakernas II.

Dibacakan Ganjar, Rakernas II menegaskan penetapan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung PDIP merupakan hak prerogatif Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Rakernas menegaskan kewenangan Megawati menetapkan calon presiden dan calon wakil presiden PDIP berdasarkan keputusan Kongres V 2019, AD/ART Partai dan tradisi demokrasi partai.

"Rakernas II Partai menegaskan bahwa penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024, berdasarkan keputusan Kongres V Partai, AD/ART Partai, dan tradisi demokrasi Partai adalah hak prerogatif Ketua Umum Partai, Prof DR(H.C.) Megawati Soekarnoputri," ujar Ganjar. (mdk/rnd)

Baca juga:
Respons Surya Paloh Ditanya Koalisi Semut Merah PKB-PKS
PKS Ungkap Capresnya Hampir Sama dengan NasDem
Ganjar Ngaku Belum Terima Hasil Rekomendasi NasDem Soal Capres
NasDem Ungkap Respons Anies, Ganjar dan Andika Usai Masuk Bursa Capres 2024
Bahas Koalisi Pilpres 2024, NasDem Ungkap Ada Lagi Parpol Temui Surya Paloh
NasDem Bakal Surati Anies, Ganjar dan Andika, Bahas Pencapresan Hasil Rakernas
Disindir PDIP Karena Usung Ganjar, NasDem: Itu Risiko Karena Umumkan Duluan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini