Alasan Pemerintah Rasional, PAN Setuju Pilkada 2020 Digelar Desember

Alasan Pemerintah Rasional, PAN Setuju Pilkada 2020 Digelar Desember
POLITIK | 29 Mei 2020 12:23 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Anggota Komisi II DPR Fraksi PAN Guspardi Gaus mendukung, pemerintah melanjutkan tahapan Pilkada. Dengan catatan, pemerintah dan KPU harus mengedepankan protokol kesehatan selama Pilkada.

"Dengan catatan pelaksanaan disesuaikan dengan protokol kesehatan," ujarnya saat dihubungi, Jumat (29/5).

Pemerintah, DPR, dan penyelenggara Pemilu telah menyepakati Pilkada tetap digelar pada 9 Desember. Tahapannya dimulai pertengahan Juni mendatang.

Guspardi menilai, pemerintah memiliki alasan rasional untuk menggelar Pilkada pada 9 Desember 2020. Sehingga Fraksi PAN mendukung pemerintah.

"Karena alasan rasional dan dapat diterima makanya PAN mendukung keinginan pemerintah untuk pelaksanaan seperti diatur dalam Perppu," kata dia.

1 dari 1 halaman

Dua alasan pemerintah disampaikan Mendagri Tito Karnavian dalam rapat Rabu, 27 Mei lalu. Pertama, tidak ada yang bisa menjamin kondisi Covid-19 berakhir pada tahun 2021.

Kedua, sudah 47 negara melaksanakan Pemilu di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sudah memberikan izin penyelenggaraan Pilkada serentak.

"Kita negara paling terakhir melaksanakan pemilu yang kita lakukan. Dari dasar ini memang tak ada kepastian pada 2021," kata Guspardi.

Hanya saja, protokol kesehatan penting diterapkan. Guspardi mewanti-wanti penyelenggara. Beragam cara dapat dilakukan. Misalnya, mewajibkan penggunaan masker, pembatasan kerumunan saat pendaftaran, pembatasan pemilih di TPS, hingga masalah alat coblosan disesuaikan.

"DPR hanya minta KPU menyesuaikan pelaksanaan Pilkada dgn kondisi Covid. Nanti KPU yang mengejawantahkan di PKPU," kata dia. (mdk/rnd)

Baca juga:
Pilkada 2020 Digelar Desember, Gerindra Tak Ingin Kepala Daerah Dijabat Plt
KPU Usul Petugas TPS Jalani Rapid Test Covid-19 Sebelum Pencoblosan Pilkada
Golkar: Belum Ada Kajian yang Meyakinkan Pilkada 2020 Aman Digelar Desember
KPU Sebut Masyarakat Tetap Mencoblos ke TPS, Tidak Vote From Home di Pilkada 2020
Pilkada 2020 yang Mengancam Keselamatan Jiwa Pemilih

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5