Amien Rais mau nyapres, Fahri Hamzah bilang karena pemimpinnya tak memadai

POLITIK | 11 Juni 2018 11:30 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Mantan ketua MPR Amien Rais kembali menjadi sorotan. Kini, Ketua Dewan Kehormatan PAN itu menyatakan diri siap menantang Joko Widodo di Pilpres 2019. Amien siap untuk bersaing dengan tokoh PAN lainnya seperti Sutrisno Bachir, Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan untuk merebut tiket Pilpres dari internal partainya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyatakan, Amien adalah salah satu di antara putra terbaik bangsa Indonesia yang mengawal transisi dari peralihan rezim otoriter kepada rezim demokrasi. Dalam reformasi yang berkelanjutan selama lebih dari 20 sampai 30 tahun ini, kata Fahri, Amien konsisten menjaga mesin demokrasi.

"Tetapi kemudian pemimpinanya tidak memadai. Nah, mungkin didasari oleh perasaan bahwa pemimpinnya tidak memadai itu, maka beliau yang sebenarnya masih berusia 74 tahun, terinspirasi dengan orang seperti Mahatir yang kembali berkuasa, karena ada penyimpangan dalam kepemimpinan dalam mengelola pemerintah," kata Fahri kepada wartawan, Senin (11/6).

Dia pun berharap, keinginan Amien untuk maju Pilpres dengan kondisi itu bisa dipahami dengan baik oleh semua pihak. Dia pun melihat wajar saja meski sudah tergolong tak muda lagi, Amien masih ingin menjadi calon presiden.

"Jadi perspektif itu kita bisa mengerti kenapa Amien Rais didorong oleh teman-temannya untuk mencalonkan diri kembali dan saya kira itu sesuaitu yang wajar selama menurut UU itu dibolehkan, tidak ada halangan saya kira," kata dia.

Diketahui, Amien Rais menyatakan keinginannya maju menjadi calon presiden pada Pilpres 2019 mendatang. Dia siap melawan Jokowi yang telah diusung oleh PDIP.

"Nanti PAN, kita akan mencapreskan tokoh-tokoh partai kita sendiri. Pertama Zulkifli Hasan, kedua Sutrisno Bachir, ketiga Hatta Rajasa, dan keempat Mbah Amien Rais," ujar Amien saat buka puasa bersama tokoh-tokoh PAN di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan dalam sambutannya dan disambut tepuk tangan, Sabtu (9/6/).

Amien bahkan menantang duel Jokowi untuk memperebutkan kursi RI 1 di periode mendatang. "Saya tantang Pak Jokowi mari kita duel secara gentle-ya. Jadi Anda kerahkan kemampuan untuk mendapatkan suara yang paling banyak supaya menang. Juga berikanlah kesempatan yang sama. Ini namanya demokrasi," katanya.


Ulama dan ekonom bisa jadi pemimpin alternatif di Pilpres 2019
Amien Rais siap nyapres, PKS lebih tertarik tokoh muda
Infrastruktur dinilai akan jadi jurkam terbaik Jokowi di mudik 2018
Amien Rais tantang Jokowi duel, PDIP tanya parpol sudah lengkap?
Politikus Golkar ragukan Amien Rais bakal dapat tiket capres di 2019
PDIP siapkan strategi baru jika Amien Rais maju Pilpres 2019

(mdk/rnd)