Amien Rais Sindir Tokoh PAN Dukung Jokowi Tanpa Syarat: Saya Menangis

POLITIK | 7 Desember 2019 17:00 Reporter : Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais menyindir Zulkifli Hasan yang menyatakan mendukung Jokowi tanpa syarat. Amien menyayangkan pernyataan Zulkifli tersebut, menurutnya dukungan untuk elite politik tidak perlu berlebihan.

"Yang saya betul-betul tidak paham ada tokoh PAN, kok takut sama orang gitu loh. Aku dukung tanpa syarat. Saudara sekalian, saya menangis," ujar Amien di lokasi Rakernas PAN, Millenium Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12).

Menurut Amien pernyataan Zulkifli menandakan bahwa dirinya tunduk dan takut pada manusia, seharusnya rasa takut hanya kepada Allah dan jajarannya.

"Kalau Nabi Muhammad kita dukung tanpa syarat, iya. Tapi kalau manusia seperti saya dan Anda, masak tanpa syarat," sambungnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sepakat dengan ucapan Amien Rais yang mengaku akan memberi kesempatan kepada presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menjalani pemerintahan selama lima tahun ke depan. Namun, kata dia, dukungan seharusnya diberikan tanpa syarat apapun.

"Saya menanggapi yang tadi aja, kesempatan lima tahun kata Pak Amien, saya mengatakan kita dukung Pak Jokowi dan kita doakan biar sukses. Udah," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7).

"Enggak pakai syarat-syarat. Ingat yang berdaulat itu rakyat, rakyat itu yang sudah memberikan kedaulatan kepada presiden terpilih, elected. Siapa yang berdaulat sekarang? Pak Jokowi sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara," sambungnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR ini menegaskan presiden memiliki hak prerogatif untuk memilih kabinetnya. PAN, lanjutnya, juga akan mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf sepenuhnya.

"Oleh karena itu kita enggak pakai syarat-syarat. Kita mendukung agar Pak Jokowi sukses memimpin Indonesia," ucapnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Rakernas PAN Sempat Ricuh soal Pembacaan Tata Tertib hingga Dilerai Amien Rais
Ketum PAN Sebut Jualan Surga dan Neraka Tak Laku Lagi
Pendukung Zulhas Teriak 'Lanjutkan', Amien Rais Sebut 'Ini Bukan Partai Kampungan
Zulhas Ingatkan Caketum PAN Tak Saling Hujat, Diyakini Tak Aklamasi
Pengurus DPD PAN Ungkap Diklaim Sepihak Dukung Zulkifli Hasan Jadi Ketum Lagi
Gelar Rakernas, PAN Matangkan Jadwal Kongres untuk Pilih Ketum Baru

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.