Amir Syamsuddin: Setop Proyek Mercusuar, Bantu Rakyat Kecil Hadapi Corona

Amir Syamsuddin: Setop Proyek Mercusuar, Bantu Rakyat Kecil Hadapi Corona
POLITIK | 1 April 2020 13:11 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Pemerintah didorong untuk segera membantu masyarakat miskin akibat guncangan ekonomi yang ditimbulkan pandemi Covid-19 atau Corona. Pemerintah diminta hentikan proyek besar lebih dulu demi membantu rakyat miskin.

Politikus Senior Demokrat, Amir Syamsuddin menjelaskan, yang perlu diperhatikan saat ini adalah rakyat kecil. Sehingga dia mendesak pemerintah segera memberikan jaminan sosial tanpa regulasi yang berbelit.

"Yang dibutuhkan rakyat kecil di saat krisis seperti saat ini adalah jaminan sosial bahwa mereka diutamakan dan diprioritaskan untuk mendapat bantuan langsung tanpa protokol yang berbelit belit," jelas Amir kepada merdeka.com, Rabu (1/4).

Amir mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera batalkan proyek besar pemerintah. Hal ini penting segera dilakukan.

"Presiden segera mengumumkan untuk membatalkan berbagai proyek mercusuar dan memilih mengutamakan kepentingan rakyat terutama rakyat kecil," tegas Amir lagi.

1 dari 1 halaman

Mantan Menkum HAM era SBY itu menambahkan, keresahan masyarakat bawah sangat berpotensi mengganggu keamanan. Dari situ berimplikasi lebih berbahaya daripada Covid-19.

"Saat ini bukan lagi saat untuk berkalkulasi perihal untung rugi, segera wujudkan bantuan kepada mereka yang sangat terpukul secara ekonomi akibat pembatasan gerak dan aktivitas mereka berkaitan langsung dengan denyut kehidupan mereka sehari hari," tutup Amir.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Jokowi telah mengalokasikan insentif Rp 405,1 triliun untuk penanganan dampak Corona ke berbagai instrumen. Seperti kesehatan dan UMKM. Sejumlah kebijakan juga telah dilakukan, salah satunya relaksasi kredit untuk rakyat kecil dan menggratiskan biaya listrik. (mdk/rnd)

Baca juga:
Pemkab Bekasi Beri Bantuan Sembako untuk Warga yang ODP
Hari Ini, Bupati Kuningan Mulai Terapkan Karantina Wilayah Parsial Imbas Covid-19
Pelaksanaan Haji 2020, Arab Saudi Minta Umat Islam Tunggu Status Pandemi Corona
Imbas Virus Corona, Bank Mandiri Revisi Turun Pertumbuhan Kredit
2 Direktur Rumah Sakit Meninggal, Satu Positif Covid-19, Satu lagi PDP
Pemerintah Catat Indonesia Miliki 28 Perusahaan Mampu Produksi 17.000 APD per Bulan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami