Analisis Politik di Balik PSI Usung Ganjar Sebagai Capres 2024

Analisis Politik di Balik PSI Usung Ganjar Sebagai Capres 2024
Ganjar Pranowo. ©2022 Merdeka.com/Alma Fikhasari
NEWS | 6 Oktober 2022 12:40 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Selain punya elektabilitas tinggi, Ganjar dinilai PSI sebagai sosok paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, selama setahun belakangan Ganjar merupakan figur yang hampir menempati posisi teratas capres dalam lembaga survei mainstream. Ganjar bersaing kuat dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Oleh sebab itu menurut Adi, tiga figur tersebut merupakan sosok didukung dalam Pilpres.

"Kalau melihat data data statistik hasil hasil survei ya tentu saja Ganjar merupakan figur yang selama setahun ini merajai survei hampir semua survei mainstream menempatkan Ganjar di puncak elektabilitas, nomor urut pertama lalu disusul Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, jadi Anies, Prabowo, Ganjar selalu masuk top three," kata Adi lewat pesan suara kepada wartawan, Kamis (6/10).

2 dari 4 halaman

PSI Diminta Sowan ke PDIP

Menurut dia, alasan PSI mendukung Ganjar karena sosoknya yang nasionalis. Partai besutan Grace Natalie itu juga melihat karakter Ganjar seperti Presiden Jokowi.

"Sebenarnya tidak mengherankan kalau PSI itu mengusung Ganjar Pranowo karena memang PSI itu dari dulu dekat ke personality politik yang berbasis nasionalis, pendukung utama Jokowi non parlemen jadi PSI sepertinya melihat Ganjar itu adalah sosok yang punya karakter sama dengan Jokowi, nasionalis dan seterusnya, ini yang menjelaskan kenapa PSI mendukung Ganjar sebagai kandidat capres," tutur dia.

Dia menambahkan, dukungan PSI kepada Ganjar berpengaruh signifikan terhadap elektoral. Sebab, PSI punya basis tertentu di daerah perkotaan.

"Maka dukungan PSI ini berguna dalam konteks dukungan secara umum, untuk kepentingan politik elektoal one man one vote tapi tidak berpengaruh signifikan dalam konteks dukungannya untuk menggenapi ambang batas presiden 20 persen," sambungnya.

Adi melanjutkan, jika ada partai di luar PDIP yang mendeklarasikan Ganjar pasti membuat partai banteng meradang. Sebab, dianggap tak etis lantaran PDIP belum mengumumkan secara resmi siapa capres 2024 yang diusung.

"Setidaknya, partai semacam PSI sowan atau izin ke PDIP sebagai partai tempat Ganjar bernaung," kata Adi.

3 dari 4 halaman

PSI Dukung Ganjar Sebagai Capres

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie mengatakan duet Ganjar- Yenny sangat cocok untuk Indonesia.

"Kombinasi Ganjar-Yenny Wahid kami nilai sebagai pasangan yang cocok untuk memimpin Indonesia ke depan," katanya saat jumpa pers secara daring, Senin (3/10).

PSI menilai, Ganjar sebagai sosok paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja yang selama ini sudah dilakukan Presiden Jokowi dalam memajukan Indonesia.

"Ini adalah calon presiden 2024 pilihan rakyat lewat rembuk rakyat, bukan keinginan dari elite PSI," kata Grace.

Sedangkan, Yenny Wahid memiliki semangat untuk memajukan toleransi di Indonesia. Putri Gus Dur itu juga dinilai mumpuni sebagai tokoh perempuan di kursi pemimpin.

"Mbak Yenny kami nilai konsisten melanjutkan perjuangan Gus Dur yang toleran," ucap Grace.

"Sebagai tokoh pemikiran Islam, Mbak Yenny punya pemikiran di bidang sosial," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Respons Ganjar Usai Didukung PSI Jadi Capres 2024

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Tapi ternyata, dukungan tersebut diberikan tanpa berkomunikasi dengan Ganjar.

"Tidak. Belum tahu deklarasi tersebut," katanya di Ballroom Hotel Gumaya, Selasa (4/10).

Ganjar menerangkan, informasi mengenai dukungan PSI diperolehnya melalui media.

"Saya tahu kabar deklarasi PSI dari media. Belum ada komunikasi sebelumnya," pungkasnya.

Baca juga:
Merayu Uni Eropa Investasi di Jawa Tengah
PKB soal PSI Deklarasi Ganjar Jadi Capres: Itu Proses Demokrasi
DPW PPP NTT Usulkan Ganjar Pranowo jadi Capres 2024
Ganjar Pranowo Tak Gubris Rekomendasi Capres dari NasDem
Demokrat Hargai Keputusan PSI Deklarasikan Ganjar Jadi Capres 2024
PKS Sebut Anies Cocok Didampingi Khofifah atau Ganjar di Pilpres 2024
Hasil Mukerwil PPP Sulsel: Ganjar Pranowo Capres 2024

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini