Bambang Pacul: Gibran Harus Tunjukan Kompetensi, Kalau Tidak Ditertawakan

POLITIK | 11 Desember 2019 19:47 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua DPP PDIP Bambang 'Pacul' Wuryanto menyatakan, kompetensi Gibran Rakabuming Raka akan teruji di lapangan. Hal ini terkait dengan niatan anak sulung Jokowi tersebut maju Pilkada Solo.

Bambang mengatakan, Gibran harus menunjukan kualitasnya jika ingin maju di Pilkada Solo. Jangan sampai, ditertawakan orang.

"Mas Gibran itu baru posisi anak presiden, nanti di lapangan ditunjukkan. Dia ini punya kompetensi enggak? Legalitas boleh didapat, tapi kompetensi berikutnya harus ditampilkan. Kalau enggak ditertawakan. Republik akan menertawakan," kata Bambang di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (11/12).

1 dari 2 halaman

Dia mencontohkan, itu pernah terjadi dengan Puan Maharani, yang distigmakan hanya anak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun, telah dibuktikan kapasitasnya.

"Dulu Jokowi sebelum jadi Presiden banyak yang menertawakan. Kota Solo itu kota kecamatan bos, Indonesia, Sabang sampai Merauke. Begitu jadi Presiden, dicintai rakyat," jelas Bambang.

Dia menegaskan, ini hanya masalah hak. Dan jika dikaitkan sebagai anak Presiden hanya sebuah keberuntungan.

"Itu baru ukuran-ukuran, persepsi. Persepsi itu menjadi sebuah ukuran yang bisa nipu. Tetapi, kalau keputusan-keputusan politik enggak bisa nipu. Keputusan-keputusan di lapangan, pelaksanaan di lapangan, enggak bisa nipu. Ya nanti kita ukur," tegas Bambang.

2 dari 2 halaman

Menurut dia, ada 3 ukuran untuk melihat kemampuan seseorang. Yakni, karakter, kompetensi, dan kapasitas.

"Dari tiga itu, akan jadi keputusan lapangannya. Kalau keputusan lapangan clear, itu oke, jempol, kompetensi oke," tukasnya.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengingatkan, siapapun yang mendaftar akan diperlakukan sama.

"Semua yang mendaftar kita perlakukan sama. Dan keputusan diambil oleh ibu Megawati Soekarnoputri. Kami memberikan analisis, data-data, survei, psikotes," kata Hasto.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com (mdk/rnd)

Baca juga:
Ingin Dipasangkan dengan Gibran, Ketua PPP Solo Daftar ke PDIP Jateng
Daftar Cawalkot ke DPD PDIP Jateng, Gibran Tidak akan Ditemani Keluarga
Nasib Gibran di Pilkada Solo Tergantung Megawati
Daftar Pilkada ke DPD PDIP Jateng, Gibran Akan Disambut Tarian Tradisional
Lewat PDIP, Gibran Daftar Pilkada Solo Besok, Bobby Nasution Sudah di Medan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.