Bamsoet Minta Pemerintah Dukung Anggaran KPU untuk Pilkada saat Pandemi Covid-19

Bamsoet Minta Pemerintah Dukung Anggaran KPU untuk Pilkada saat Pandemi Covid-19
POLITIK | 8 Juli 2020 21:01 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah memastikan anggaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) terpenuhi untuk menunjang penyelenggaraan Pilkada 2020. Anggaran tersebut juga untuk keperluan protokol kesehatan Covid-19.

"Mendorong pemerintah dapat terus memastikan dukungan pada KPU maupun KPUD baik anggaran dan penyediaan alat pelindung diri (APD) juga sarana prasarana penunjang lainnya, agar pelaksanaan tahapan Pilkada hingga penyelenggaraannya terpenuhi dengan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19," kata Bamsoet, Rabu (8/7).

Bamsoet juga mendorong KPU mempertimbangkan pelaksanaan Pilkada 2020 di daerah dengan tingkat kerawanan Covid-19 yang tinggi. Serta mendorong Bawaslu bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk terus memantau kondisi dan situasi terkini terkait status persebaran Covid-19 di setiap daerah.

Selanjutnya, Bamsoet mendorong KPU dan Bawaslu tetap mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam pelaksanaan Pilkada 2020. Kemudian, tetap menjaga prinsip kesehatan dan keselamatan penyelenggara pemilihan serta peserta pemilihan.

"Dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 mengingat pelaksanaan Pilkada saat ini di tengah pandemi yang berisiko terhadap penularan Covid-19 dalam tahapan-tahapan pelaksanaannya," ucap Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet mendorong KPU dan Bawaslu meningkatkan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 dalam keterbukaan informasi terkait penyelenggaraan pemilihan dan perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di setiap daerah.

"Sebagai tolak ukur KPU dalam mempersiapkan pelaksanaan Pilkada 2020 mengingat data tersebut menjadi salah satu aspek yang diukur dalam menyelenggarakan Pilkada 2020," pungkasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
PPP Pastikan Tak Usung Calon Kepala Daerah yang Pernah Terlibat Kasus Narkoba
Mendagri Desak Daerah Segera Cairkan NPHD Pilkada
AHY dan Cak Imin Bertemu, Demokrat-PKB Sepakat Koalisi 30 Daerah di Pilkada
Jelang Pilkada, Bawaslu Solo Dirikan Posko Pengaduan di 5 Kecamatan
Bawaslu Temukan KTP Anggota TNI-Polri & ASN Dukung Calon Perseorangan di Kapuas Hulu

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami