Bandara Lombok ganti nama, SBY persilakan jejak sejarahnya diganti Jokowi

Bandara Lombok ganti nama, SBY persilakan jejak sejarahnya diganti Jokowi
SBY dan Jokowi. ©Rumgapres/Abror Rizki
NEWS | 12 September 2018 17:10 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta perdebatan pencopotan prasasti peresmian bandar udara internasional Lombok dihentikan.

SBY menandatangani prasasti tahun 2011 sebagai tanda diresmikannya bandara tersebut.

"Tolong isu ini tak perlu diributkan. Masih banyak yang harus dilakukan oleh negara dan kita semua, utamanya bagaimana membuat rakyat kita makin ke depan makin sejahtera," kata SBY dalam keterangan terlulis yang diterima, Rabu (12/8).

SBY menyakini Jokowi akan menghormati karya dan capaian para pendahulu-pendahulunya, sejak Bung Karno hingga saat ini.

Namun, SBY mengatakan, mempersilakan apabila pencopotan prasasti bandar udara internasional Lombok, yang ditandatangani pada tanggal 20 Oktober 2011 merupakan keinginan Jokowi, dan atas saran Gubernur NTB TGB Zainul Majdi, serta keinginan masyarakat Lombok.

"Silakan saja. Saya kan tidak punya hak, apalagi kemampuan untuk menghalang-halangi," ujar dia.

"Saya berpendapat prasasti dan jejak sejarah seseorang dapat dihapus oleh manusia yang lain, kapan saja dan dimana saja. Namun, saya sangat yakin, catatan Allah SWT tidak akan pernah bisa dihapus," tutup dia.

Sebelumnya, Pemerintah lewat Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengeluarkan Keputusan Menteri tentang perubahan nama Bandar Udara Internasional Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB). Menhub menetapkan nama baru yakni Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid.

"Bahwa dalam rangka menetapkan nama bandar udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, telah didapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Majelis Adat Sasak serta Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 115/TK/Tahun 2017 tentang penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional," demikian pernyataan rilis Kemenhub, Rabu (5/9).

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com (mdk/rnd)

Baca juga:
Bandara Silangit, diresmikan SBY diganti Jokowi
Saat Prabowo rangkul gemas Andi Arief sambil tertawa lepas
Prabowo usai bertemu SBY: Kita sudah dapat gambaran ke depan
Prabowo-Sandi adakan pertemuan dengan SBY
SBY akan kumpulkan gubernur dari Demokrat yang dukung Jokowi


Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami