Banggar DPR Desak Jokowi Segera Keluarkan Perppu APBN 2020

Banggar DPR Desak Jokowi Segera Keluarkan Perppu APBN 2020
POLITIK | 23 Maret 2020 16:24 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Badan Anggaran (Banggar) DPR RI merekomendasikan pemerintah untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) APBN 2020. Sebab, tak memungkinkan untuk Rapat Paripurna DPR dalam waktu dekat. Perppu itu dimaksudkan untuk perubahan APBN di tengah pandemi virus corona.

"Pemerintah perlu segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) APBN 2020, mengingat tidak dimungkinkannya dilaksanakannya Rapat Paripurna DPR RI dalam waktu dekat, sebagai konsekuensi kebijakan social distancing. Perppu dibutuhkan oleh pemerintah untuk menyesuaikan kembali APBN 2020 dengan kondisi yang sedang kita alami saat ini, dan beberapa bulan ke depan," ujar Ketua Banggar Said Abdullah dalam keterangan pers, Senin (23/3).

Pemerintah juga diminta perlu menerbitkan Perppu terhadap Undang-Undang Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi dan badan. Supaya memberikan pajak penghasilan orang pribadi dengan tarif PPh 20 persen yang simpanannya mencapai di atas Rp100 miliar.

"Namun yang bersangkutan wajib memberikan kontribusi kepada negara sebesar Rp 1 miliar untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 ke BNPB sebagai Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19," ujar Said.

1 dari 1 halaman

Banggar juga merekomendasikan pemerintah mengeluarkan Perppu untuk merevisi UU 17/2003 tentang Keuangan Negara.

"Revisi penjelasan yang memberikan kelonggaran defisit APBN dari 3% ke 5% dari PDB dan rasio pajak terhadap PDB tetap 60 persen," jelas Said.

Politikus PDIP itu mengatakan, rekomendasi tersebut telah disampaikan Banggar kepada Menkeu Sri Mulyani dan Gubernur BI melalui teleconference.

Said menjelaskan, Perppu ini untuk mendukung pemulihan kesehatan masyarakat akibat Covid-19. Serta memastikan program Social Savety Net (SSN) berjalan untuk membantu kehidupan masyarakat.

"Ketiga, mendukung sektor UMKM dan informal untuk bisa tetap bertahan dalam mengahadapi kondisi ekonomi yang sulit seperti saat ini. Kita berharap, rekomendasi ini akan memberikan dampak jangka panjang, bagi kehidupan ekonomi kita di masa yang akan datang," kata Said. (mdk/rnd)

Baca juga:
575 Anggota DPR dan Keluarga Lakukan Rapid Test Virus Corona
Anggota Komisi XI DPR Dukung Jokowi Realokasi Anggaran Buat Lawan Corona
Pemerintah Diminta Cepat Tanggap Tanggulangi Penyebaran Corona
Anggota DPR Minta Gugus Tugas Covid-19 Aktif Koordinasi dengan Lembaga dan Pemda
Naikkan Kesejahteraan Warga, Optimalisasi Seluruh Sumber Daya Sumbar Harus Dilakukan
Pimpinan DPR Didesak Bentuk Tim Pengawas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami