Berkarya Bantah Bangun Kekuatan Oposisi Bersama PKS

POLITIK | 20 November 2019 11:50 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Partai Berkarya membantah membentuk koalisi oposisi bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hal itu menyusul pertemuan PKS dan Berkarya di kantor DPP PKS, Selasa (19/11). Menurut, Ketua DPP Berkarya Badaruddin Andi Picunang, pertemuan tersebut hanya silahturahmi memenuhi undangan PKS.

"Bukan untuk mendukung partai oposisi atau menjadi bagian dari partai oposisi," ujar Badaruddin melalui keterangannya, Rabu (20/11).

Badaruddin mengatakan, Berkarya membuka peluang juga untuk melakukan pertemuan silahturahmi demikian dengan partai koalisi pemerintah.

"Bahwa pertemuan yang sama dengan partai lain utamanya partai pemerintah juga bisa dilakukan tanpa membeda-bedakan partai yang dikunjungi atau diterima untuk silahturahmi merajut rasa kebangsaan," kata dia.

1 dari 2 halaman

Kerja Sama di Pilkada 2020

Soal koalisi di Pilkada 2020, Badaruddin menyebut tidak hanya sebatas dengan PKS. Tetapi, Berkarya akan berkoalisi dengan partai sesuai daerahnya.

"Menghadapi Pemilu 2020 Partai Berkarya akan berkoalisi dengan partai sesuai dengan koalisi di daerah yang melaksanakan Pilkada, tidak hanya sebatas dengan PKS," kata dia.

2 dari 2 halaman

Semua Partai Mitra dan Kompetitor

Berkarya menilai pada Pemilu 2024 semua partai menjadi mitra dan kompetitor. Berkarya akan mengambil langkah untuk melakukan evaluasi menghadapi Pemilu 2024.

Maka dari itu, Berkarya akan melakukan evaluasi kinerja partai untuk menyelenggarakan Rapimnas dan Munas Berkarya. Dua agenda tersebut akan digelar paling lambat Januari 2020.

"Untuk menidaklanjuti langkah partai selanjutnya dan evaluasi kinerja partai sebelumnya maka dalam waktu dekat Partai Berkarya akan melaksanakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) bahkan Musyawarah Nasional (Munas) Partai Berkarya," jelas Badaruddin. (mdk/ray)

Baca juga:
PKS dan Berkarya Sepakat Kerja Sama di Pilkada Serentak 2020
Tiba di DPP PKS, Tommy dan Titiek Soeharto Disambut Sohibul Iman
PDIP Dukung Pertemuan PKS-Berkarya Bangun Kekuatan Oposisi
PAN Senang Dengar PKS dan Berkarya Mau Bertemu Sore Ini
PKS Sebut Rencana Pertemuan dengan Berkarya Ciptakan Politik Produktif

TOPIK TERKAIT