Bersiap Daftar Pilwalkot, Gibran Ingin Bawa Solo Melompat Lebih Maju

POLITIK | 12 Desember 2019 09:54 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Gibran Rakabuming Raka berangkat ke Semarang untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali kota Solo di Pilkada 2020. Bersama seribuan pendukungnya, putra sulung Presiden Joko Widodo itu akan menuju Kantor DPD PDIP Jawa Tengah pukul 09.00 WIB.

Didampingi Ibu Negara Iriana dan istri tercinta Selvi Ananda, Gibran sempat menyapa dan menyalami para pendukungnya di halaman gedung Graha Saba miliknya. Dia juga berjanji kepada pendukungnya, untuk membawa Kota Solo lebih maju jika diberi kesempatan sebagai Wali Kota.

"Pagi ini kita berkumpul di sini bukan sekedar untuk mengantar Gibran ke Semarang. Tapi kita berkumpul di sini karena disatukan oleh cita-cita yang sama. Apa yang menyatukan kita? Agar Solo melompat lebih maju," ucap Gibran lantang.

Gibran beberapa kali mengulang kalimat tersebut dan mendapat tepuk tangan meriah serta yel-yel 'Gibran Solo Satu' dari para pendukung yang mengenakan kaos Indonesia Raya.

"Kita sudah tidak lagi bicara masalah perubahan. Kita sudah bicara masalah lompatan, kita bicara masalah percepatan. Melompat agar lebih sejahtera lagi masyarakatnya. Agar Solo melompat lebih maju," tandasnya.

Pada akhir sambutan, Gibran minta doa restu agar diberikan kekuatan dan kelancaran dalam melaksanakan pendaftaran sebagai bakal calon wali kota Solo di DPD PDIP Jateng hari ini. Acara diakhiri dengan pelepasan para peserta dengan pengibaran bendera putih bergambar dirinya.

1 dari 1 halaman

Wasekjen PDIP Arief Wibowo mengatakan, Gibran Rakabuming Raka memiliki peluang untuk diusung partainya pada Pilkada Solo 2020 nanti. Menurut dia, semua kandidat yang sudah mendaftarkan diri memiliki peluang yang sama untuk diusung PDIP.

Diketahui, DPC PDIP Solo telah memutuskan untuk mengusung Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa di Pilkada Solo. Purnomo adalah Wakil Wali Kota yang mendampingi Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo sejak 2012. Sementara Teguh Prakosa merupakan Ketua DPRD di Solo periode 2014-2019.

Namun Gibran tak patah arang. Dia mencoba mendaftar ke DPD PDIP Jawa Tengah. Keputusan akhir nantinya di tangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Setiap calon yang mendaftar di partai kami memiliki peluang. Kita memiliki aturan internal, peraturan partai nomor 24 tahun 2017, yang intinya begini, ada kewenangan-kewenangan yang diatur oleh struktur partai kami," kata dia. (mdk/ray)

Baca juga:
Sebelum Mendaftar Cawalkot Solo, Gibran Minta Doa Restu Sudjiatmi
Ingin Dipasangkan dengan Gibran, Ketua PPP Solo Daftar ke PDIP Jateng
Nasib Gibran di Pilkada Solo Tergantung Megawati
Lewat PDIP, Gibran Daftar Pilkada Solo Besok, Bobby Nasution Sudah di Medan
Daftar Pilkada ke DPD PDIP Jateng, Gibran Akan Disambut Tarian Tradisional

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.