BPN Prabowo Gugat Hasil Pilpres ke MK, PDIP Nilai Sebuah Kemajuan

POLITIK | 21 Mei 2019 15:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PDIP memuji keputusan BPN Prabowo-Sandiaga mengajukan gugatan sengketa pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai keputusan BPN itu adalah sebuah kemajuan untuk membangun peradaban politik yang lebih baik.

"Ini sebuah langkah kemajuan, bahwa pada akhirnya proses gugatan dilalui oleh Mahkamah Konstitusi. Karena itu melalui mekanisme yang tersedia sesuai konstitusi kita dan untuk itu kami meyakini bahwa sesuai ketentuan UUD 1945, MK itu bersikap independen, merdeka di dalam mengambil keputusannya," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (21/5).

"Dan hakim Mahkamah Konstitusi memiliki sikap kenegarawanan. Sehingga, proses melalui MK itulah yang terbaik dan dijamin oleh undang-undang," sambungnya.

Hasto heran dengan tuduhan kubu Prabowo adanya kecurangan dalam Pemilu 2019. Menurutnya, tuduhan semacam itu seharusnya dihindari di pemilu yang akan datang.

"Kalau kita lihat, bagaimana mempengaruhi secara sistematik terhadap jutaan orang dengan kondisi geografis yang begitu luas? Siapa yang bisa mengendalikan dan kemauan pilihan rakyat? Menuduhkan adanya kecurangan merupakan hal-hal yang menunjukkan kualitas demokrasi kita. Harus kita perbaiki di masa-masa yang akan datang," tegasnya.

Meski begitu, dia menganggap narasi kecurangan yang dibangun itu sebagai hak dari BPN Prabowo. Akan tetapi, kata Hasto, lebih baik jika dugaan kecurangan itu dibuktikan lewat jalur hukum di MK.

"Tapi itu merupakan hak dan untuk segala hal selesaikan secara hukum, tidak melalui jalanan. Karena kita adalah negara hukum," ungkap Hasto.

Dengan pengumuman pemenang Pilpres dari KPU, Hasto meminta segala bentuk perbedaan dihilangkan. Menurut Hasto, ini waktunya kembali bersatu.

"Pemilu telah selesai, kini saatnya kembali dalam kehidupan nyata dan kembali pada kebudayaan asli Indonesia yaitu guyub dan saling hormat-menghormati. Pemerintah dan kekuasaan harus terus diawasi tetapi dengan cara-cara yang beradab, terhormat dan dilandasi oleh niat baik," imbuhnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber : Liputan6.com

Baca juga:
Jokowi-Ma'ruf Sampaikan Pidato Kemenangan di Kampung Deret
Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Rekapitulasi Suara KPU
Ada Aksi depan Bawaslu, Rute Transjakarta Arah Kota Dialihkan
Wapres JK Ucapkan Selamat untuk Jokowi-Ma'ruf dan Minta Prabowo ke MK Jika Tak Puas

(mdk/ray)