Bukan Gibran, PDIP Usung Purnomo-Teguh Maju Pilkada Solo

POLITIK | 23 September 2019 11:22 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - DPC PDIP Kota Solo menegaskan pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa diusung dalam Pilkada 2020 mendatang. Achmad Purnomo yang saat ini masih menjabat Wakil Wali Kota Solo ditunjuk sebagai bakal calon wali kota. Sedangkan Teguh Prakosa, yang saat ini menjabat Sekretaris DPC PDIP pernah menjadi Ketua DPRD Kota Solo periode 2014-2019.

Ketua Tim Penjaringan DPC PDIP Solo Putut Gunawan mengatakan pasangan Purnomo-Teguh merupakan hasil penjaringan tertutup yang dilakukan oleh lima PAC PDIP. Sehingga keduanya ditetapkan sebagai pasangan tunggal yang akan diajukan ke DPD PDIP Jawa Tengah dan dan DPP.

"Ini bukan pendaftaran bakal calon wali kota, tapi penugasan partai untuk Pak Achmad Purnomo dan Pak Teguh Prakosa. Mereka kita undang untuk menerima tugas sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota," katanya, Senin (23/9).

Hari ini, pasangan tersebut mengembalikan formulir pendaftaran yang diambil pekan lalu. Formulir yang telah diisi tersebut akan diverifikasi oleh panitia. Dan hasilnya kemudian akan dikirimkan ke DPD PDIP Jawa Tengah dan DPP di Jakarta.

"Kami ini ditugasi oleh partai. Kami kader dan tentu akan kami laksanakan sepenuh hati dan tanggung jawab. Membawa Kota Solo ke yang lebih baik," kata Purnomo.

Pasangan Purnomo-Teguh mengembalikan formulir dengan naik dan diiringi puluhan abang becak. Rombongan berangkat dari kediaman pribadi Purnomo di Jalan Bhayangkara.

Dengan ditugaskannya Purnomo-Teguh hampir dipastikan peluang Gibran Rakabuming Raka maju Pilkada Kota Solo 2020 tertutup. Gibran bisa saja maju melalui partai lain yang melamarnya.

Baca juga:
Salahi Aturan, Spanduk Bergambar Gibran di Solo Dicopot Satpol PP
Jelang Pilkada, Muncul Spanduk 'Gibran Solo Masa Depan Kita'
Kader PDIP Legowo Jika Akhirnya Gibran Ditunjuk Maju Pilkada Solo 2020
Gerindra Akui Pernah Melobi Gibran untuk Pilkada Solo 2020
PDIP: Silakan Gibran Daftar Pilkada Solo 2020, Tapi Harus Lewat Mekanisme Berlaku
Dikabarkan Bahas Pilkada dengan FX Hadi, Gibran Sebut Solo Butuh Sentuhan Anak Muda

(mdk/cob)