Calon Independen Tantang Gibran di Solo, PDIP Sebut Bukti Demokratisasi Berjalan

Calon Independen Tantang Gibran di Solo, PDIP Sebut Bukti Demokratisasi Berjalan
POLITIK | 24 Juli 2020 22:16 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, calon independen yang bakal menantang Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo menjadi bukti proses demokratisasi berjalan. Meski Gibran merupakan putra Presiden Joko Widodo, tak menutup bakal ada lawan di Pilkada.

"Ini menjadi sebuah cermin, bahwa proses demokratisasi tetap berjalan dengan baik di kota Solok meskipun mas Gibran anak seorang presiden," ujar Hasto dalam diskusi virtual, Jumat (24/7).

Hasto mengatakan, calon independen merupakan proses demokrasi. Meski, dia menyebut menjadi calon independen bukan jalur yang mudah.

Sebab harus mendapatkan dukungan representasi dari para pemilih yang ada di Kota Solo.

"Berkaitan dengan calon independen, ini adalah proses demokrasi. Ketika di kota Solok ada calon independen dan syarat menjadi calon independen itu tidak mudah, harus mendapatkan dukungan representasi dari pemilih yang ada di Kota Surakarta," ucapnya.

Sebelumnya, Pilkada Solo juga diramaikan dengan calon independen. Mereka adalah pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo). Meski belum ditetapkan secara resmi karena masih menunggu verifikasi faktual di KPU Solo. (mdk/ded)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami