Dampingi Gibran Maju Pilkada, Teguh Mundur dari DPRD Kota Solo

Dampingi Gibran Maju Pilkada, Teguh Mundur dari DPRD Kota Solo
POLITIK | 3 September 2020 13:35 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Bakal calon wakil wali kota PDIP, Teguh Prakosa resmi mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Kota Solo. Pengunduran diri pasangan Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo itu dilakukan sebagai salah satu syarat pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Surat pengunduran diri sudah diajukan oleh 28 Agustus 2020 lalu. Kami terima suratnya tersebut pada 1 September 2020," kata Ketua DPRD Surakarta Budi Prasetyo, Kamis (3/9).

Teguh mengatakan, pihaknya sudah meneruskan surat pengunduran diri tersebut ke provinsi, karena kewenangan hal tersebut di provinsi. Pihaknya juga sudah minta tanda terima dari provinsi untuk dijadikan syarat ke KPU.

"Kalau tanda terima saja tidak cukup, kami akan mendesak pemerintah provinsi agar segera menerbitkan surat resmi terkait permohonan pengunduran diri Teguh Prakosa," ujarnya.

Menurutnya, masih ada waktu sampai KPU menetapkan sebagai calon. Terkait pengganti Teguh, Budi belum bisa menyampaikannya. Ia mengaku harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan pengurus DPC PDIP sebagai partai yang menaunginya.

Sebagaimana diketahui, Teguh saat ini merupakan anggota Komisi III DPRD Solo. Ia berangkat dari daerah pemilihan (dapil) Serengan-Pasar Kliwon. Menurut jumlah suara, nama Ety Isworo berpeluang menggantikan Ketua DPRD periode 2014-2019 itu. (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami